Ponsel Anda Dicuri atau Hilang? Segera Lakukan 3 Hal Ini!
Tekno

Mengapa HP Cepat Panas? Simak Penjelasan dan 7 Cara Mencegahnya

  • Inilah beberapa alasan mengapa HP cepat panas sekaligus cara mencegah ponsel Anda panas.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bagi Anda yang sering menggunakan HP atau ponsel, Anda mungkin pernah merasakan HP Anda terasa panas. Hal ini juga sering dialami banyak orang, tidak mengherankan jika sering timbul pertanyaan, “Mengapa ponsel saya menjadi sangat panas?”.

Ponsel atau HP bisa menjadi panas ketika baterai pada ponsel bekerja terlalu keras. Jika HP Anda sering memanas, mungkin hal ini bisa menimbulkan kerusakan jangka panjang.

Mungkin jika Anda telah menggunakan ponsel dalam waktu yang lama, sedikit panas yang terasa keluar dari perangkat adalah hal yang wajar. Akan tetapi, ponsel tetap tidak boleh terlalu panas dalam waktu yang terlalu lama.

Alasan Mengapa HP Cepat Panas

Alasan Mengapa HP Cepat Panas

Seperti yang dilansir dari laman Norton, ponsel atau HP cepat panas bisa disebabkan karena berbagai alasan, sebagian besar karena penggunaan yang berlebihan atau penggunaan yang lama. Selain itu, ada beberapa alasan umum mengapa HP Anda jadi terlalu panas, yaitu sebagai berikut:

  1. Streaming konten video dalam jangka waktu yang lama.
  2. Bermain game.
  3. Kecerahan layar tinggi.
  4. Menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang kedaluwarsa.
  5. Terpapar suhu yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung.

Selain itu, untuk ponsel Android, bisa jadi ponsel panas karena terkena virus atau malware. Sedangkan iPhone diklaim jarang rentan terhadap malware atau virus karena Apple tidak mengizinkan perangkat lunak non-Apple apapun di perangkat mereka. 

Cara Mencegah HP Jadi Panas

1. Perbarui aplikasi Anda

Cara mencegah HP jadi panas: perbarui aplikasi Anda

Bug atau perangkat lunak versi lama dapat menyebabkan aplikasi menghabiskan lebih banyak energi sehingga HP jadi mudah panas. Memperbarui aplikasi secara berkala dapat membantu memperbaiki salah satu bug yang ada dan mencegah aplikasi menggunakan energi yang besar.

2. Hindari ponsel terpapar sinar matahari secara langsung

Cara mencegah HP jadi panas: hindari ponsel terpapar sinar matahari secara langsung

Membiarkan HP dalam ruangan yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama dapat membuat bagian yang ada di dalam ponsel ikut panas. Jika Anda berada di luar ruangan dengan ponsel Anda, pastikan untuk meninggalkan ponsel di tempat yang gelap dan dingin seperti tas atau saku yang longgar.

3. Isi daya ponsel Anda di permukaan yang datar dan dingin

Cara mencegah HP jadi panas: isi daya ponsel Anda di permukaan yang datar dan dingin

Jika Anda sedang mengisi daya HP di tempat tidur, selimut, bantal, atau permukaan yang empuk lainnya, mungkin akan ada panas yang terperangkap. Padahal, panas harus dapat keluar dari telepon saat Anda sedang mengisi daya.

Jadi, saat menyambungkan ponsel untuk mengisi daya, pastikan Anda meletakkan ponsel di permukaan yang dingin, rata, dan keras.

4. Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan

Cara mencegah HP jadi panas: tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan

Aplikasi yang masih terbuka di background dapat menghabiskan daya ponsel meski sudah tidak digunakan. Oleh karena itu, saat Anda tidak menggunakan aplikasi, jangan keluar begitu saja dari aplikasi. Pastikan aplikasi tertutup sepenuhnya.

5. Atur kecerahan layar

Cara mencegah HP jadi panas: atur kecerahan layar

Pastikan untuk mengatur kecerahan layar dalam tingkat yang rendah. Hal ini karena kecerahan layar ponsel dapat berdampak pada penggunaan energi. Semakin banyak energi yang digunakan, maka semakin panas HP Anda.

6. Instal antivirus

Cara mencegah HP jadi panas: instal antivirus

Bagi Anda pengguna HP Android, virus dapat menyebabkan masalah pada perangkat lunak yang ada di ponsel yang dapat menyebabkan munculnya panas secara berlebihan. Dengan instal antivirus, maka antivirus dapat membantu memblokir malware agar tidak menginfeksi ponsel sambil mengamankan perangkat Android Anda.

7. Aktifkan mode pesawat

Cara mencegah HP jadi panas: aktifkan mode pesawat

Jika Anda hanya memerlukan fungsionalitas terbatas pada ponsel Anda seperti memeriksa waktu atau menyetel alarm, hidupkan ponsel Anda pada setelah mode pesawatnya. Hal ini dapat mencegah ponsel terus bekerja keras meski Anda tidak sedang menggunakannya.

Itu tadi beberapa alasan mengapa HP cepat panas sekaligus cara mencegah ponsel Anda panas. Selamat mencoba.