Langit
Sains

Mengapa Langit Berwarna Biru?

  • Semuanya bermula dari sumber cahaya utama di tata surya kita: Matahari. Sinar matahari terlihat putih, tetapi sebenarnya cahaya putih ini terdiri dari seluruh spektrum warna tampak, mulai dari merah hingga ungu.

Sains

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Mungkin ini adalah pertanyaan yang muncul di benak kita saat masih kecil,“Mengapa langit berwarna biru?”, Jawabannya melibatkan konsep ilmiah yang rumit. Semuanya bermula dari sumber cahaya utama di tata surya kita: Matahari. Sinar matahari terlihat putih, tetapi sebenarnya cahaya putih ini terdiri dari seluruh spektrum warna tampak, mulai dari merah hingga ungu. 

Namun, apa yang membuat langit memiliki warna biru yang khas?

Dilansir dari Ensiklopedia Britanica,  selama perjalanannya melalui atmosfer, sinar matahari berinteraksi dengan berbagai unsur, senyawa, dan partikel. Proses ini adalah langkah awal dalam pembentukan spektrum warna langit. Warna langit sangat tergantung pada panjang gelombang cahaya yang masuk, tetapi molekul udara, yang terdiri dari nitrogen dan oksigen, serta partikel debu, juga memegang peran kunci dalam proses ini.

Ketika Matahari berada di atas kepala, sebagian besar sinarnya memotong atmosfer pada sudut yang hampir vertikal. Cahaya dengan panjang gelombang yang lebih pendek, seperti ungu dan biru, lebih mudah diserap oleh molekul udara dibandingkan dengan cahaya yang memiliki panjang gelombang lebih panjang, seperti merah, oranye, dan kuning.

Jadi, mengapa langit berwarna biru? Saat cahaya matahari masuk ke atmosfer dan berinteraksi dengan molekul udara, sinar biru tersebar ke segala arah. Inilah yang menciptakan efek warna biru yang meliputi seluruh langit saat kita melihatnya dari permukaan bumi. Warna biru ini dominan karena panjang gelombang cahaya biru lebih pendek, sehingga lebih banyak terpencar.

Saat Matahari berada rendah di langit, seperti saat matahari terbenam atau terbit, cahaya harus melewati lebih banyak atmosfer. Hal ini mengakibatkan lebih banyak penyerapan dan dispersi, yang pada gilirannya menciptakan warna oranye dan merah yang indah pada langit matahari terbenam atau terbit.

Jadi, sekarang Anda tahu mengapa langit berwarna biru dan mengapa matahari terbit atau terbenam memberikan pertunjukan warna yang begitu menakjubkan. Warna langit adalah hasil dari interaksi cahaya matahari dengan molekul udara dan partikel di atmosfer, dan memahami fenomena ini membuat keindahan langit menjadi semakin menakjubkan.