ponsel, smartphone, hp
Gaya Hidup

Mengapa Ukuran Ponsel Jadi Semakin Besar dan Lebar?

  • Simak beberapa alasan mengapa ukuran ponsel atau smartphone jadi semakin besar atau lebar.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ketika awal-awal handphone rilis untuk publik, ukurannya terbilang cukup besar dengan bobot yang cukup berat. Anda mungkin masih ingat dengan meme ponsel Nokia 3310 yang sering dijadikan lelucon, karena dinilai cukup berat untuk dibawa dan tidak mudah rusak ketika jatuh.

Setelah masa Nokia 3310, ukuran ponsel jadi semakin kecil, bahkan ada model flip dan fold yang membuat ponsel jadi semakin fleksibel dan praktis. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, ponsel sekarang mayoritas memiliki model touch screen dengan layar yang besar, dan memiliki fungsi yang lebih mirip tablet daripada ponsel.

Perubahan teknologi perangkat seluler dan penggunaan konsumen tampaknya berdampak pada ukuran ponsel. Selain itu, orang-orang kini menggunakan ponsel untuk melakukan lebih banyak tugas daripada era sebelumnya.

Lalu, apa saja yang membuat ponsel sekarang ukurannya jadi semakin besar? Simak penjelasan berikut ini.

Alasan Ukuran Ponsel Jadi Semakin Besar

Alasan ukuran ponsel jadi semakin besar dan lebar

Ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi alasan mengapa smartphone yang ada di tangan kita saat ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran smartphone 10 tahun yang lalu. Simak penjelasan berikut ini.

Teknologi yang Lebih Canggih Membutuhkan Lebih Banyak Ruang

Seperti yang dilansir Trenasia.com dari laman Tech Evaluate pada Selasa, 5 September 2023, salah satu alasan utama mengapa ukuran ponsel menjadi besar adalah semakin canggihnya teknologi yang tersedia untuk perangkat seluler. Dulu, ketika ponsel Anda hanya bisa melakukan panggilan, mengirim SMS, dan memainkan tetris, ponsel Anda tidak memerlukan banyak ruang untuk prosesor yang besar, chip AI, atau layar HD yang besar.

Akan tetapi, ponsel sekarang sebenarnya adalah komputer yang sangat kecil, jadi orang-orang mengharapkan ponsel dapat melakukan tugas apapun yang pengguna perlukan. Smartphone terus menambah fitur dan kemampuan sehingga membutuhkan lebih banyak ruang di dalamnya untuk berbagai komponen yang dibutuhkan.

Modem yang Lebih Besar

Komponen modem yang terbaru seperti 5G membutuhkan lebih banyak daya. Hal inilah yang memengaruhi desain ponsel, di mana ponsel membutuhkan baterai lebih besar dan memakan lebih banyak ruang di dalam ponsel. Itulah yang mungkin membuat ukuran ponsel jadi semakin besar.

Selain itu, untuk menjaga ukuran smartphone tetap tipis dan ramping, tambahan ruangan harus dipindahkan ke tempat lain. Hal inilah yang membuat ponsel jadi lebih tinggi dan lebih lebar daripada model ponsel sebelumnya. Akan tetapi, hal ini tidak selalu buruk karena banyak konsumen menyukai ponsel berukuran besar dan lebih menyukai layar dan keyboard yang lebih besar.

Kebutuhan Layar Berkualitas Lebih Tinggi

Saat ini smartphone digunakan untuk berbagai hal seperti menulis di layar atau mengakses berbagai konten hiburan baik di YouTube atau streaming video on demand. Hal inilah yang membuat ponsel semakin memiliki ukuran layar yang lebih lebar agar membuat pengalaman pengguna dalam menonton berbagai konten hiburan jadi semakin menyenangkan.

Layar Lebih Besar

Semua aktivitas di ponsel seperti mengetuk, scrolling, memperbesar, dan mengklik yang di ponsel ternyata lebih nyaman dilakukan di ponsel dengan ukuran layar yang lebih besar. Selain itu, smartphone dengan model touchscreen memudahkan pengguna mengakses berbagai aplikasi dengan satu sentuhan jari yang dapat menampung tangan berukuran besar sekalipun.

Fitur Video Call

Saat ini kita semakin mudah terhubung dengan orang lain dengan berbagai fitur video call dan video conference yang disediakan oleh aplikasi perpesanan instan atau aplikasi meeting seperti WhatsApp, Telegram, Zoom, Meet, dan sebagainya. Aktivitas video call ternyata juga lebih menyenangkan ketika kita mengaksesnya di perangkat dengan layar yang lebih lebar. Layar ponsel yang lebih besar memudahkan kita untuk melihat satu sama lain dan tetap melihat tampilan kamera Anda sendiri. 

Itu tadi beberapa alasan mengapa ukuran ponsel atau smartphone jadi semakin besar atau lebar. Apakah Anda menyukai desain dan ukuran ponsel yang ada saat ini atau justru menyukai ukuran ponsel yang kecil?