<p>Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung / Istimewa</p>
Nasional

Mengenal Aliansi Perbankan Nol Bersih, Inisiatif ESG Perbankan Global

  • Aliansi Perbankan Nol Bersih atau Net Zero Banking Alliance merupakan mobilisasi perbankan global di seluruh dunia yang sadar akan adanya kebutuhan mendesak akan tindakan iklim yang berarti menuntut transisi total semua sektor ekonomi riil global ke emisi nol bersih. Net-Zero Banking Alliance yang dipimpin oleh industri yang diselenggarakan oleh PBB dan mengakui peran penting bank dalam mendukung transisi tersebut, dengan keanggotaannya yang terus bertambah dan siap untuk mencapai dampak penting dalam beberapa dekade mendatang.
Nasional
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -Aliansi Perbankan Nol Bersih atau Net Zero Banking Alliance merupakan mobilisasi perbankan global di seluruh dunia yang sadar akan adanya kebutuhan mendesak akan tindakan iklim. Artinya, Net Zero Banking Alliance menuntut transisi total semua sektor ekonomi riil global ke emisi nol bersih. 

Net-Zero Banking Alliance yang dipimpin oleh industri yang diselenggarakan oleh PBB dan mengakui peran penting bank dalam mendukung transisi tersebut, dengan keanggotaannya yang terus bertambah dan siap untuk mencapai dampak penting dalam beberapa dekade mendatang.

Eric Usher, Kepala UNEP FI  (The United Nations Environment Programme Finance Initiative) menyatakan sejak diluncurkan pada April 2021 lalu, Aliansi kini beranggotakan 103 bank dari 40 negara dengan total aset mencapai US$68 triliun atau Rp969,8 kuadriliun (Kurs Rp14.263 per dolar AS) atau setara 44% dari total aset perbankan global. 

Para anggota telah berkomitmen untuk menyelaraskan kegiatan pinjaman dan investasi mereka dengan batas pemanasan 1,5°C yang digariskan oleh Perjanjian Paris.

“Menggabungkan tindakan jangka pendek dengan akuntabilitas, komitmen ambisius ini mengharuskan bank untuk menetapkan target menengah untuk tahun 2030 atau lebih cepat. Aliansi memperkuat, mempercepat, dan mendukung penerapan strategi dekarbonisasi anggotanya dengan menyediakan kerangka kerja dan pedoman yang koheren secara internasional untuk beroperasi, didukung oleh bank perintis yang sudah lebih berpengalaman,” kata dia dalam website resmi seperti dikutip Rabu, 16 Februari 2022.

Pada musim gugur 2022 mendatang, banyak bank anggota akan menyerahkan putaran pertama target interim 2030 mereka. 

Untuk membantu dalam penetapan target, jalur kerja Aliansi berharap untuk merilis set panduan pertama mereka untuk dekarbonisasi per sektor secara spesifik dan jalur implementasi pada tahun 2022. 

Aliansi terus mengembangkan keanggotaannya dan memupuk keragaman perwakilan regional dari seluruh sektor perbankan global.

Selain itu, Aliansi juga akan melakukan advokasi dan penyelarasan yang terkoordinasi sebagai elemen perbankan dari Glasgow Financial Alliance for Net Zero dan elemen yang berfokus pada iklim dari Prinsip untuk Perbankan yang Bertanggung Jawab. Aliansi ini diselenggarakan oleh Inisiatif Keuangan Program Lingkungan PBB (UNEP FI), dan diakreditasi oleh Race to Zero, kampanye Juara Iklim Tingkat Tinggi PBB.

Anggota aliansi Perbankan Nol Bersih dari Negara-Negara Asia Pasifik. Sumber: https://www.unepfi.org/net-zero-banking/