Borough Market (travel.usnews)
Dunia

Mengenal Borough Market, Pasar Makanan Tertua di London

  • Borough Market memiliki sejarah lebih dari satu milenium dan secara luas dianggap sebagai pasar eceran dan grosir makanan tertua di London. Pasar ini telah beroperasi di lokasinya saat ini sejak tahun 1756.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Borough Market memiliki sejarah lebih dari satu milenium dan secara luas dianggap sebagai pasar eceran dan grosir makanan tertua di London. Pasar ini telah beroperasi di lokasinya saat ini sejak tahun 1756.

Dengan lebih dari 100 kios yang menempati lahan seluas sekitar 4,5 hektare, Borough Market menjadi salah satu pasar makanan terbesar di ibu kota. Tempat ini populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan serta koki terkenal yang mencari bahan-bahan lokal dan internasional serta hidangan lezat yang unik.

Dipenuhi dengan toko-toko kecil, kedai makanan, dan pedagang grosir yang melayani restoran-restoran kelas atas di London, Borough Market menjadi tempat singgah makan siang yang lezat, sesi makan siang di sore hari, atau inspirasi pesta makan malam murni. Pasar ini berkomitmen terhadap keberlanjutan dan mendukung produsen pangan skala kecil.

Kios Makanan

Pasar ini khusus pada produk segar berkualitas tinggi (dan seringkali produk lokal). Anda akan menemukan berbagai macam kios buah dan sayuran, penjual keju, toko daging, penjual ikan, dan toko roti. Untuk buah dan sayuran lezat yang bisa dimasak di rumah, kunjungi Elsey & Bent, yang telah beroperasi di sini sejak tahun 1980-an.

Ada juga toko makanan dan kios gourmet yang menjual rempah-rempah, kacang-kacangan, pengawet, dan bumbu. Ansambel gastronomi ini memberikan tampilan yang menarik dan menggugah selera.

Warung Makan

Saat Anda merasa lapar, istirahatkan kaki Anda. Belilah makanan dari salah satu banyaknya kedai makanan yang bisa dibawa pulang. Pilih apa saja, mulai dari sosis lezat Jerman hingga kari Etiopia, semur Karibia, bungkus falafel, dan keju raclette yang dilelehkan di atas daging dan kentang yang diawetkan.

Banyak kedai makanan yang dapat dibawa pulang berkerumun di Green Market, kawasan yang paling dekat dengan Katedral Southwark. Jika Anda menyukai hal yang manis, pesanlah es krim buatan sendiri di Gelateria 3BIS, rasa hazelnut dan Stracciatella yang dilengkapi dengan saus cokelat begitu cocok dipesan. 

Sebagai alternatif, pergilah ke Greedy Goat untuk menikmati es krim bebas laktosa dengan rasa yang mencakup kue keju lemon, vanila, dan mangga.

Restoran, Pub, dan Bar

Jika Anda lebih suka makan dan minum di dalam ruangan, ada banyak pilihan di sekitar pasar. Padella, restoran pasta yang selalu ramai, memiliki sistem antrian virtual sehingga Anda dapat mendaftar terlebih dahulu atau langsung datang dan kembali saat meja Anda tersedia.

Anda juga bisa mencicipi bir di Market Porter, di mana sebagian besar orang tampaknya tumpah ke jalan untuk menyaksikan pasar yang sedang berlangsung. The Rake, sebuah bar kecil dengan area luar, memiliki stok bir yang luar biasa.

Jam buka dan Layanan Lain

Pasar buka mulai pukul 10 pagi sampai 5 sore dari Senin-Jumat, dan mulai pukul 8 pagi pada hari Sabtu, namun tidak semua pedagang selalu ada di sana setiap hari. Pasar sangat ramai pada hari Sabtu, sebaiknya datang lebih awal untuk mendapatkan pilihan yang terbaik atau nikmati keramaian pada waktu makan siang.

Jika Anda tidak dapat menemukan tempat duduk di area berundak di Jubilee Place untuk menikmati makanan Anda, berjalanlah selama lima menit ke arah sungai Thames untuk melihat pemandangan sungai. Botol air dapat diisi ulang di tempat minum di Stoney Street, tidak jauh dari Maria's Cafe.

Pasar ini berlokasi tepat di sebelah rel London Bridge dan stasiun Bawah Tanah (Jubilee dan Northern Lines). Jika Anda berlibur ke London, jangan lupa mampir di tempat ini. Mencari bahan-bahan segar, ingin memperluas wawasan kuliner, atau sekadar ingin menjelajahi ikon bersejarah kota, Anda tidak akan menyesal berkunjung ke Borough Market!