Ilustrasi tidur siang.
Rumah & Keluarga

Mengenal Cara dan Manfaat NASA Nap, Cara Tidur Siang Ala Astronaut

  • Pada tahun 1995, National Aeronautics and Space Administration (NASA) meneliti kekuatan tidur siang sebagai strategi untuk menjaga kewaspadaan pilot selama bertugas.

Rumah & Keluarga

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Tidur siang memiliki berbagai manfaat, mulai dari kesehatan fisik, dan juga mental. Sayangnya, banyak orang sering melewatkan kesempatan untuk tidur siang karena aktivitas yang padat. 

Agar mendapatkan berbagai manfaat tidur siang, disarankan untuk tidak tidur terlalu lama dan memilih waktu yang tepat, seperti saat Anda memiliki waktu luang atau tidak ada agenda penting di kantor.

Dilansir dari BPSDM Provinsi Jambi, kebiasaan tidur siang sering kali dianggap sepele, bahkan sebagai tanda bahwa seseorang malas atau kurang bersemangat dalam bekerja. Namun, kenyataannya, tidur siang dapat meningkatkan daya ingat dan kinerja, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas.

Penelitian menunjukkan, tidur siang jauh lebih efektif dalam mengatasi kelelahan dibandingkan dengan menambah jam tidur di malam hari.

Dilansir dari Sleep Fondation, pada tahun 1995, National Aeronautics and Space Administration (NASA) meneliti kekuatan tidur siang sebagai strategi untuk menjaga kewaspadaan pilot selama bertugas.

Tidur siang ternyata memberikan dampak positif bagi tubuh, terutama dalam meningkatkan kinerja dan kewaspadaan saat bekerja. Itulah sebabnya banyak orang kini menyebut tidur siang dikenal sebagai “NASA Nap.” 

Apa itu NASA Nap?

Istilah “NASA nap” merujuk pada tidur siang singkat atau power nap yang diambil untuk mengoptimalkan kinerja kerja. Seringkali, orang menggunakan frasa NASA nap untuk secara khusus menggambarkan tidur siang di tempat kerja.

Ilustrasi tidur siang. (Freepik)

Saat penerbangan, NASA memberikan kesempatan kepada pilot untuk tidur siang selama 40 menit, sementara pilot lain tetap terbang/bekerja.

Setelah penelitian yang mendalam, NASA menemukan bahwa durasi tidur siang yang ideal adalah 26 menit untuk memaksimalkan kinerjanya dan kewaspadaan, serta mengurangi efek inersia tidur, yaitu perasaan bingung dan lesu yang sering muncul akibat tidur siang yang lebih lama.

Apa Saja Manfaat NASA Nap?

Studi NASA tahun 1995 menemukan bahwa pilot yang tidur siang selama 26 menit mengalami peningkatan kewaspadaan hingga 54% dan peningkatan kinerja hingga 34%, dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang. Selain itu, mereka mengalami lebih sedikit rasa kantuk menjelang akhir penerbangan, sementara pilot yang tidak tidur siang menunjukkan rasa kantuk dua kali lebih banyak.

Di luar penelitian NASA, tidur siang yang dilakukan dengan benar dapat meningkatkan suasana hati karena memberikan efek relaksasi pada tubuh. Suasana hati yang positif ini akan mendukung peningkatan produktivitas sehari-hari.

Selain itu, tidur siang juga dapat meningkatkan daya ingat dan kreativitas, waktu reaksi berkurang, kesehatan jantung, erta meningkatkan fokus dan kosentrasi.

Tak memerlukan waktu lama, Anda bisa merasakan manfaatnya hanya dengan tidur selama 20–30 menit. Namun, pastikan lingkungan di sekitar Anda tenang dan atur suhu ruangan agar sejuk.

Tips Tidur Siang Seperti Astronaut

Ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan saat tidur siang:

1. Usahakan tidur siang Anda kurang dari 30 menit. Tidur selama 26 menit, sementara tidur siang yang terlalu lama justru dapat berdampak negatif, membuatmu merasa lesu dan bingung. 

2. Cobalah mengonsumsi kafein. Mengonsumsi kafein tepat sebelum tidur siang dapat memberikan dorongan energi di siang hari. Namun, bagi sebagian orang, mengonsumsi kafein sebelum tidur malah membuat terjaga lebih lama.

3. Carilah tempat yang nyaman untuk tidur. Akan lebih mudah untuk tertidur di tempat yang gelap, tenang, dan bersuhu yang nyaman. Jika Anda tidur di tempat kerja, hal ini mungkin sulit dilakukan. Jika Anda tidak memiliki tempat yang gelap dan tenang untuk tidur, penyumbat telinga dan penutup mata dapat membantu dengan menghalangi suara dan cahaya yang berpotensi mengganggu.

Itu dia NASA Nap, tidur siang ala astronot. Kalian sendiri apakah sudah meluangkan waktu untuk tidur siang?