<p>Ivan Nikolas Tambunan, CEO &#038; Co-Founder Akseleran (tengah) bersama manajemen menampilkan aplikasi Akseleran di Android. / Akseleran.co.id</p>

Mengenal Fintech P2P Lending Resmi: Akseleran

  • Menariknya, Akseleran menampilkan rating peminjam, jumlah pinjaman yang dibutuhkan, tenor, bunga, status agunan, frekuensi angsuran pokok dan bunga, hingga batas waktu kampanye pendanaan.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) adalah peer-to-peer (P2P) lending platform di Indonesia yang menghubungkan usaha kecil menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman dengan kumpulan pemberi pinjaman untuk mendanai pinjaman tersebut. Akseleran salah satu entitas fintech P2P lending yang telah teregistrasi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Khusus kepada para peminjam yang butuh akses pemodalan, Akseleran memberikan bunga yang terbilang rendah, yaitu mulai dari 6,48% hingga 17% flat per tahunnya. Namun, peminjam harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu usaha harus sudah berjalan lebih dari satu tahun dan berlokasi di Jabodetabek dan Banten.

Syarat berikutnya adalah usaha milik calon nasabah sudah berhasil mencetak laba bersih pada 1 tahun terakhir. Lalu memiliki Laporan Keuangan yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir serta membuat proposal pinjaman.

Dari segi biaya, Akseleran akan memungut biaya sebesar 0,25% per bulan dari total pinjaman cair serta biaya notaris dan proses dokumentasi hukum. Biaya tersebut hanya dikenakan apabila pengajuan pinjaman berhasil. Akseleran juga terdaftar sebagai anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Fitur Pendanaan

Pinjaman online (pinjol) satu ini juga membuka alternatif peluang pemberian pinjaman (lender) kepada masyarakat Indonesia dengan imbal hasil tertentu. Imbal hasil yang di dapat tergantung pada risiko usaha penerima pinjaman (borrower).

Nilai persentase TKB90 atau Tingkat Keberhasilan Bayar pada hari ke-90 Akseleran berada pada level 98,58%. Imbal hasil atau bunga yang ditawarkan untuk lender hingga 21% tergantung dari model dan risiko usaha tiap borrower.

Hasil pantauan TrenAsia.com terhadap situs Akseleran, tampak banyak jenis kampanye pendanaan dari berbagai macam UKM. Menariknya, Akseleran menampilkan rating peminjam, jumlah pinjaman yang dibutuhkan, tenor, bunga, status agunan, frekuensi angsuran pokok dan bunga, hingga batas waktu kampanye pendanaan.

Hal tersebut tentu dapat mempermudah lender untuk menganalisa tiap kampanye pendanaan, sesuai dengan preferensinya. Akseleran juga menunjukkan kampanye pendanaan mana saja yang dilengkapi dengan asuransi dan non asuransi.

Tak sampai di situ, Akseleran juga punya fitur Auto Lending. Fitur tersebut memungkinkan lender untuk memberikan pinjaman secara otomatis. Hal ini bertujuan untuk memudahkan lender tanpa harus menghabiskan waktu dalam mencari peluang pemberian pinjaman yang sesuai dengan preferensi.

Partnership

Peluang kerja sama juga dibuka Akseleran untuk melebarkan sayapnya sebagai pionir pinjaman online di Tanah Air. Setidaknya sudah dua perusahaan e-commerce besar dalam negeri telah menjadi rekan bisnis Akseleran, yaitu Tokopedia dan Bukalapak.

Berikut ini jenis-jenis Partnership yang ditawarkan Akseleran:

Partner Fasilitas

Jenis partnership ini cocok untuk sebuah perusahaan, marketplace, ataupun komunitas yang memiliki pelanggan maupun anggota yang membutuhkan fasilitas pinjaman. Skema pinjaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan/karyawan/anggota.

Institutional Lender

Jenis partnership ini cocok untuk sebuah lembaga keuangan yang tertarik memberikan pinjaman kepada UKM-UKM yang ada di Akseleran dan bisa mendapatkan imbal hasil dari pinjaman tersebut. Setiap partner institutional lender dapat memberikan pinjaman dengan mengacu kepada kriteria dan risk appetite masing-masing.

Community/Brand

Jenis partnership ini cocok untuk sebuah komunitas atau brand yang ingin melakukan aktivitas co-branding dengan Akseleran. Akseleran dapat memberikan informasi mendalam mengenai P2P lending untuk para anggota komunitas. Akseleran juga dapat melakukan joint-promo dengan berbagai brand yang relevan. (SKO)