<p>P2P Lending Asetku. / Facebook @AsetkuIndonesia</p>

Mengenal Fintech P2P Lending Resmi: Asetku Afiliasi Akulaku

  • Pada laman resmi Asetku juga di ungkap bahwa PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku) menjadi salah satu pemegang saham perusahaan ini.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Pintar Inovasi Digital atau Asetku merupakan sebuah entitas financial technology peer-to-peer lending (fintech P2P lending) yang terdaftar dan diawasi  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-1110/NB.213/2018.

Asetku berdiri pada 18 April 2017 dan saat ini dipimpin oleh Andrisyah Tauladan. Platform pinjaman online (pinjol) satu ini juga tergabung sebagai salah satu anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Pada laman resmi Asetku juga di ungkap bahwa PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku) menjadi salah satu pemegang saham perusahaan ini.

Jumlah pinjaman Asetku di tahun ini sebesar Rp9,9 triliun. Sedangkan jumlah total pinjaman sejak perusahaan ini berdiri telah mencapai Rp15,9 triliun. Sementara, jumlah pinjaman yang outstanding sebanyak Rp1,6 triliun.

Di sisi lain, total peminjam atau nasabah Asetku sendiri lebih dari 3 juta nasabah. sedangkan peminjam aktifnya sebanyak 595.331 nasabah. TKB90 atau Tingkat Keberhasilan Bayar pada hari ke-90 entitas ini berada pada level 100%. Dapat diasumsikan nasabah Asetku tertib dalam menjalankan kewajibannya.

Pendanaan di Asetku dimulai dari minimal Rp1 juta dengan bunga maksimal 22% per tahun. Perusahaan ini juga mengambil kebijakan diversifikasi dalam menyalurkan pendanaan. Hal ini tentu dapat memperkecil risiko yang diterima oleh pemberi pinjaman atau lender.

Selain itu, Asetku juga bekerja sama dengan PT Asuransi STACO Mandiri untuk menyediakan Asuransi Kredit Gagal Bayar. Sehingga jika produk pinjaman mengalami keterlambatan pembayaran, maka kompensasi klaim dapat segera diselesaikan pada tanggal jatuh tempo guna menjamin keamanan dana pokok.

Asetku pernah mendapatkan penghargaan The Most Promising P2P Lending Platform Startup. Torehan itu didapatkan pada acara Finfest 2018 yang di inisiasi oleh Mobiliari Group.