Ilustrasi Hari Kotak Internasional.
Gaya Hidup

Mengenal Hari Kotak Internasional, Perekat Hubungan Kucing dengan Manusia

  • Setiap 19 Juni ada peringatan yang cukup unik di seluruh dunia yakni Hari Kotak International (International Box Day).
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Setiap 19 Juni ada peringatan yang cukup unik di seluruh dunia yakni Hari Kotak International (International Box Day). Perayaan ini ternyata berhubungan dengan dunia kucing. Hal itu tak lepas dari kegemaran kucing yang suka masuk kotak atau kardus. 

Bagi sebagian orang, kotak kardus mungkin hanya terlihat sebagai wadah penyimpanan atau tempat untuk mengirim barang. Namun boks atau sejenis ruang tertutup lain ternyata memberikan kenyamanan tersendiri bagi si anak bulu (anabul). Kardus biasanya dijadikan tempat bersembunyi, tidur atau sekadar meringkuk. 

Usut punya usut, kotak juga menjadi tempat bersembunyi aman bagi kucing dari para predator. Dengan masuk kotak, kucing dapat mengamati musuh tanpa terlihat. Sejarah Hari Kotak Internasional berawal dari para pecinta kucing yang melihat hewan tersebut tertarik pada wadah kotak.   

Ruang Aman Kucing

Temuan itu kemudian diteliti oleh sejumlah akademikus. Penelitian terbaru University of Utrecht menemukan bahwa kucing dengan kotak beradaptasi dengan lingkungan lebih cepat, dikutip dari National Today.

Dari perspektif kucing, kotak memiliki semuanya yang mereka butuhkan. Hal itu seperti suhu yang pas, ruang aman pribadi, hingga kenyamanan. Kenyamanan ini ternyata tak terbatas pada kucing saja. Kucing besar seperti harimau, singa sampai puma juga ternyata gemar masuk kotak. 

Mereka tampak kegirangan ketika pengelola kebun bintang memberikan kotak kardus untuk bersembunyi, merujuk penelitian. Hari Kotak Internasional menjadi kesempatan tersendiri bagi para pemilik kucing untuk merayakan kesenangan bersama peliharaan dengan memberikan hadiah kotak