Mengenal Hari Satwa Liar Sedunia yag Dirayakan Setiap 3 Maret
Dunia

Mengenal Hari Satwa Liar Sedunia yang Dirayakan Setiap 3 Maret

  • Walaupun WWD2024 dirayakan pada 3 Maret 2024, acara tingkat tinggi di Perserikatan Bangsa-Bangsa akan dilaksanakan pada 4 Maret 2024 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat, dan akan disiarkan langsung di United Nations WebTV.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Hari Satwa Liar sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 3 Maret untuk merayakan hewan dan tumbuhan liar. Setiap tahunnya, kita mengakui peran dan kontribusi unik dari satwa liar terhadap manusia dan bumi. 

Manusia di seluruh dunia bergantung pada hewan dan sumber daya alam yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, bahan bakar, obat-obatan, tempat tinggal, dan pakaian. 

Agar kita dapat menikmati manfaat dan keindahan yang alam tawarkan kepada kita dan planet kita, orang-orang bekerja sama untuk memastikan bahwa ekosistem dapat terus berkembang dan spesies tanaman dan hewan tetap ada untuk anak cucu kita.

Tujuan Perayaan Hari Satwa Liar Sedunia

Dikutip TrenAsia.com dari laman Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Hari Satwa Liar sedunia adalah kesempatan untuk merayakan berbagai jenis hewan dan tumbuhan liar yang cantik dan beragam, serta untuk meningkatkan kesadaran tentang manfaat konservasi mereka bagi manusia. 

Pada saat yang sama, hari ini mengingatkan kita tentang perlunya melawan kejahatan terhadap hewan liar dan pengurangan jumlah spesies yang disebabkan oleh manusia. Karena tindakan ini yang memiliki dampak besar pada ekonomi, lingkungan, dan masyarakat. 

Perayaan ini sekaligus untuk mendukung tujuan Sustainable Development Goal (SDGs) nomor 15 yaitu melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan eksosistem daratan, mengelola hutan secara lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekargaman hayati.

Sejarah Hari Satwa Liar Sedunia

Pada tanggal 20 Desember 2013, melalui Sidang Ke-68 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, 3 Maret diumumkan sebagai Hari Konservasi Alam Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (WWD). 

Hari ini menjadi krusial karena pada tanggal tersebut, Konvensi Perdagangan Internasional tentang Spesies Satwa Liar yang Terancam Punah (CITES) ditandatangani pada tahun 1973. 

Selanjutnya, resolusi UNGA menunjuk Sekretariat CITES sebagai pengorganisir peringatan global untuk hari khusus ini dalam kalender PBB.

Hari Satwa Liar Sedunia 2024

Perayaan Hari Satwa Liar Sedunia 2024 memiliki tema “Connecting People and Planet: Exploring Digital Innovation in Wildlife Conservation”. Tema ini berfokus pada inovasi digital dan bagaimana teknologi dan layanan konservasi digital dapat mendukung konservasi satwa liar, perdagangan satwa liar yang berkelanjutan, dan kohabitasi manusia dan satwa liar. 

Meskipun kita tengah mengalami revolusi digital global, masih ada tantangan dalam kesenjangan akses digital di seluruh dunia. Hari Satwa Liar Sedunia 2024 menjadi platform bagi berbagai generasi untuk saling bertukar informasi dan memberdayakan pemuda melalui seni, presentasi, dan diskusi mengenai peluang di masa depan dalam konservasi satwa liar digital. 

Tahun ini, Sekretariat CITES bekerja sama dengan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa, WILDLABS, Jackson Wild (tuan rumah World Wildlife Day Showcase), dan Dana Kemanusiaan Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW) (tuan rumah Kontes Seni Pemuda Hari Satwa Liar Sedunia).

Walaupun WWD2024 dirayakan pada 3 Maret 2024, acara tingkat tinggi di Perserikatan Bangsa-Bangsa akan dilaksanakan pada 4 Maret 2024 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat, dan akan disiarkan langsung di United Nations WebTV.