Kyoko, Pasir Putih Residences, PIK 2.
Properti

Mengenal Konsep Perumahan, dari Ala Jepang hingga Syariah

  • Sebelum membeli rumah, penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk konsep perumahan yang dipilih. Ini merupakan langkah awal yang akan mempengaruhi gaya, fungsi, dan kenyamanan rumah impian Anda.

Properti

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat penting, selain sandang, pangan, pendidikan, dan kesehatan. Rumah memiliki berbagai fungsi krusial yang mendukung kehidupan, seperti sebagai tempat berlindung, berkumpul, beristirahat, dan lain-lain.

Sebelum membeli rumah, penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk konsep perumahan yang dipilih. Ini merupakan langkah awal yang akan mempengaruhi gaya, fungsi, dan kenyamanan rumah impian Anda.

Seiring dengan perkembangan zaman, para developer yang mulai menciptakan perumahan dengan berbagai konsep unik. Apalagi dengan fasilitas yang luar biasa menarik. Mulai dari rumah berkonsep ala Jepang, green living, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk Anda yang masih bimbang membeli rumah ini bisa menjadi referensi. Yuk, simak artikel berikut!

Konsep-Konsep Perumahan di Indonesia

Berikut beberapa konsep perumahan di Indonesia:

1. Konsep ala Jepang

Konsep Rumah Jepang mengusung desain interior dengan penampilan yang minimalis. Bentuk arsitektur rumah ini biasanya khas dan berkarakter. Arsitektur rumah ini ditandai oleh penggunaan material yang konsisten dan desain yang sederhana.

Interior rumah Jepang mempertahankan tradisi, ketertiban, nilai, dan keseimbangan yang menyatu dengan alam. Dengan memanfaatkan berbagai tingkat sudut, lantai, serta kontras ruang terbuka dan sudut yang nyaman, desain rumah ini biasanya berukuran kecil dan sangat mengutamakan privasi.

Pencahayaan alami merupakan elemen penting dalam estetika interior Jepang, menekankan keterkaitan desain ini dengan alam bebas.

Seperti halnya Okinawa di PIK 2. Ini adalah produk terbaru dari PIK 2, yang menawarkan rumah tiga lantai dengan konsep Jepang modern.

2. Konsep Green Living

Saat ini, berbagai konsep perumahan terus berkembang mengikuti zaman dan kebutuhan pasar. Green living adalah konsep yang bertujuan untuk menjalani hidup sebisa mungkin tidak membawa dampak buruk secara makro terhadap alam.

Ini berarti menerapkan gaya hidup ramah lingkungan mulai dari rumah, yang juga akan memberikan manfaat positif bagi pemilik rumah tersebut. Konsep ini kini telah merambah ke dunia bisnis properti, dengan semakin banyak rumah yang dijual mengusung prinsip green living.

Di perumahan ini, biasanya terdapat berbagai fasilitas bernuansa alami, seperti ruang terbuka hijau dan danau. Desain unitnya juga hemat energi dan disesuaikan dengan kondisi iklim di Indonesia.

Jika Anda tertarik dengan perumahan berkonsep green living, pertimbangkan Parkland Podomoro. Parkland Podomoro menyediakan berbagai fasilitas modern yang ramah lingkungan bagi para penghuninya. Selain itu, Parkland Podomoro juga memiliki lokasi strategis dan akses mudah ke Kota Jakarta dan Bandung.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan Permata Hijau Residence di PIK 2. Perumahan mewah terbaru ini mengusung konsep green living, garden yang luas, balkon luas, high ceiling staicase, dan sebagainya. Perumahan in juga dilengkapi berbagai fasilitas menarik Miami beach, danau ecopark, milenial park dan lainnya.

3. Konsep Resort

Hunian dengan konsep ala resort adalah jenis hunian yang suasana dan fasilitas seperti ada di resort, yaitu tempat penginapan yang biasanya berada di daerah wisata. Hunian seperti ini semakin populer di Indonesia karena menawarkan berbagai keuntungan bagi penghuninya.

Keuntungan tersebut meliputi suasana yang tenang dan santai, fasilitas yang lengkap, keamanan dan kenyamanan yang terjamin, nilai investasi yang tinggi, dan gaya hidup yang berkualitas. Setiap unit di perumahan ini dibangun dengan desain estetis dan dikelilingi oleh lingkungan yang indah dan alami.

Contoh perumahan resort di Indonesia adalah The Nove, Nuvasa Bay. Sebagai township terbesar di Kota Batam, tempat ini menawarkan area hunian modern dengan pemandangan garis pantai sepanjang 1,2 km. Dengan demikian, para penghuni dapat menikmati keindahan alam langsung dari jendela rumah mereka setiap hari.

4. Konsep Smart Living

Konsep smart living mengedepankan penggunaan teknologi cerdas atau Internet of Things (IoT) untuk mengintegrasikan peralatan elektronik berbasis internet dengan perintah manusia. Konsep ini menawarkan unit rumah dengan sistem operasional canggih yang dapat dikendalikan melalui ponsel dari jarak jauh.

Sebagai contoh, vacuum cleaner dapat membersihkan rumah secara otomatis sesuai jadwal yang ditetapkan pengguna, dan CCTV dapat terhubung dengan perangkat gadget. Selain meningkatkan kenyamanan, konsep ini juga memastikan keamanan rumah meskipun penghuninya tidak ada di tempat.

5. Konsep Cluster

Cluster adalah konsep perumahan yang sangat populer di Indonesia, khususnya di area perkotaan atau pinggiran kota. Perumahan ini dibangun dalam satu lingkungan dengan desain bangunan modern yang serupa.

Walaupun terdapat beberapa rumah dengan model yang sama, jumlah unit dalam kompleks ini biasanya terbatas. Biasanya rumah ini memiliki gaya arsitektur yang modern seperti minimalis, industrial, dan sebagainya. Salah satu keunggulan perumahan cluster adalah lingkungannya yang aman dan nyaman.

Jika tertarik untuk tinggal di perumahan cluster, Anda bisa mempertimbangkan unit rumah di Kota Podomoro Tenjo.

Kota Podomoro Tenjo menawarkan berbagai tipe unit rumah dengan harga yang bervariasi. Di antaranya adalah Cluster DELUXE, Cluster Magnolia, Cluster Kaliandra, Cluster Kenangan, Cluster Kana, dan Cluster Kalamenta. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat tinggal maupun sebagai investasi properti.

Kota Podomoro Tenjo menawarkan kawasan hunian yang nyaman dengan pemandangan indah, termasuk pemandangan tiga gunung yaitu Gunung Karang, Gunung Salak, dan Gunung Angsana, yang dapat dinikmati sambil berolahraga bersama keluarga tercinta.

Selain itu, Kota Podomoro Tenjo memiliki banyak area hijau, menjadikan lingkungan lebih asri dan sehat. Bagi Anda yang menginginkan lingkungan bebas kendaraan bermotor, Kota Podomoro Tenjo adalah pilihan yang tepat.

6. Konsep Syariah

Sesuai namanya, perumahan dengan konsep ini mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pengelolaannya. Namun, perumahan syariah tetap dapat dimiliki oleh masyarakat non-Muslim. Penamaan perumahan syariah lebih menekankan pada sistem transaksi yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, sementara konsep perumahan secara umum mirip dengan perumahan konvensional.

Demikian, beberapa konsep perumahan di Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi ketika membeli rumah.