Kucing Lynx.
Dunia

Mengenal Kucing Lynx, Hewan Langka yang Jadi Buruan di Swedia

  • Di penjuru dunia, ada empat spesies atau jenis lynx yang masih hidup di alam liar hingga sekarang.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Kucing lynx belakangan menjadi bahan pembicaraan menyusul adanya pembantaian hewan tersebut di Swedia. Pemerintah setempat membolehkan perburuan kucing besar itu untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Di sejumlah negara Eropa, lynx dikenal sebagai predator terganas ketiga setelah serigala dan beruang cokelat.

Binatang nokturnal itu biasa memangsa rubah, kelinci dan hewan-hewan kecil lain. Namun kebijakan ini diprotes sejumlah pihak karena kucing lynx sudah di ambang kepunahan. Hewan tersebut juga dianggap tidak mengganggu manusia atau ternak.  

Lynx sendiri adalah nama genus dari beberapa spesies kucing liar. Di penjuru dunia, ada empat spesies atau jenis lynx yang masih hidup di alam liar hingga sekarang. Berikut ulasannya: 

Bobcat (Lynx Rufus) 

Bobcat berkembang biak di Amerika utara. Predator ini biasanya ada di hutan, tepi perkotaan, semi padang pasir dan lingkungan rawa. Bobcat sudah ada sejak tahap Irvingtonian atau sekitar 1,8 juta tahun yang lalu.

Lynx Iberia (Lynx Pardinus)

Lynx Iberia adalah salah satu spesies lynx yang sudah terancam punah. Spesies lynx dengan tubuh terkecil ini dapat ditemui di Semenanjung Iberia dan Eropa Selatan. Hewan pemakan kelinci itu tidak dapat mengubah pola makan. 

Hal ini membuat populasinya menurun saat mangsa utamanya mati karena penyakit pada abad ke-20. Terkikisnya populasi Lynx Iberia juga akibat hilangnya scrubland sebagai habitat utamanya lantaran pembangunan oleh manusia. Jika Lynx Iberia punah, spesies itu akan menjadi spesies kucing pertama yang punah sejak zaman prasejarah. 

Lynx Eurasia 

Lynx Eurasia adalah spesies lynx yang kini banyak diburu di Swedia. Spesies lynx dengan tubuh terbesar ini hidup di hutan Siberia Eropa, Asia selatan dan Asia Timur. Status konservasi Lynx Eurasia telah ditetapkan sebagai “risiko rendah”, di mana populasinya yang berkurang atau punah di Eropa Barat mulai diperkenalkan atau berkembang biak kembali.

Namun perburuan yang terjadi di Swedia membuat hewan ini kembali berada dalam ancaman kepunahan. Saat ini ada sekitar 1.450 lynx yang tersebar di seluruh wilayah Swedia. Jumlah itu 300 lebih sedikit dari total populasi 10 tahun lalu. 

Lynx Kanada

Kawasan Amerika Utara, Kanada dan Alaska menjadi habitat spesies lynx ini. Lynx Kanada adalah kerabat dekat Eurasia. Namun dalam beberapa karakteristik, Lynx Kanada lebih mirip kucing hutan. Lynx ini lebih besar dari kucing hutan dan lebih besar dua kali dari ukuran kucing domestik.