Nasional & Dunia

Mengenal Lebih Dekat New Yogyakarta International Airport

  • New Yogyakarta International Airport (NYIA) resmi beroperasi pada 6 Mei 2019. Bandara ini terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istemewa Yogyakarta. NYIA memiliki fasilitas layanan yang sangat lengkap. Bandara ini juga dirancang tahan gempa 8,8 skala richter hingga gelombang tsunami dengan ketinggian 12 meter. Bandara ini menjadi bandara terbesar ketiga di Indonesia. Bandara ini […]

Nasional & Dunia
Fatma Kumala

Fatma Kumala

Author

New Yogyakarta International Airport (NYIA) resmi beroperasi pada 6 Mei 2019. Bandara ini terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istemewa Yogyakarta.

NYIA memiliki fasilitas layanan yang sangat lengkap. Bandara ini juga dirancang tahan gempa 8,8 skala richter hingga gelombang tsunami dengan ketinggian 12 meter.

Bandara ini menjadi bandara terbesar ketiga di Indonesia. Bandara ini memiliki landasan pacu terbaik sepanjang 3.250 meter. Sehingga NYIA mampu melayani pesawat komersil besar seperti Airbus 380 atau Boeing 777.

NYIA ditargetkan mampu menampung hingga 14 juta penumpang per tahun. Jumlah tersebut delapan kali lebih banyak dibanding kapasitas Bandara Adisutjipto yang hanya menampung 1,7 juta penumpang per tahunnya.

Total nilai pembangunan bandara baru Yogyakarta ini mencapai Rp10,9 triliun. Kehadiran NYIA diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Yogyakarta dan sekitarnya.