Tekno

Mengenal Mastodon, Aplikasi Viral Usai Elon Musk Akuisisi Twitter

  • Mengutip laman Techcrunch, Kamis, 17 November 2022, Mastodon kebanjiran 500.000 pengguna baru terhitung sejak 27 Oktober 2022
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

TEXAS - Sebagian pengguna Twitter merasa resah atas kebijakan Elon Musk paska mengambil alih Twitter. Keresahan tersebut akhirnya membuat banyak pengguna Twitter berpindah situs mikroblog lainnya yakni Mastodon.

Mengutip laman Techcrunch, Kamis, 17 November 2022, Mastodon kebanjiran 500.000 pengguna baru terhitung sejak 27 Oktober 2022. Artinya, dalam waktu singkat, Mastodon menggandakan jumlah pengguna ketika pentolan Tesla Resmi mengakuisisi Twitter.

Lalu, apa itu Mastodon dan bagaimana cara kerjanya?

Mastodon sendiri adalah aplikasi yang  didirikan pada 2016 oleh pengembang software Jerman, Eugen Rochko. Tak seperti media sosial populer lainnya seperti Twitter, Facebook, dan Reddit, Mastodon merupakan organisasi nirlaba. Artinya, tujuan membuat media sosial ini adalah untuk menguntungkan publik, bukan para pemegang saham.

Secara keseluruhan, Mastodon mungkin akan lebih  terlihat seperti tiruan Twitter. Namun sebenarnya, sistem yang mendasari di balik platform microblogging tersebut justru jauh lebih kompleks. Layanan Mastodon lebih terdesentralisasi meski tanpa menggunakan blockchain.

Untuk menggunakan Mastodon, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Ketika membuat akun, Anda harus memilih server, serupa dengan cara ketika Anda memilih untuk membuat akun email baik di Gmail, Hotmail, Yahoo, atau di mana saja yang kemudian akan menghasilkan alamat profil Anda.

Jadi, misalnya Anda mendaftar ke Mastodon melalui server climate justice, maka alamat yang dihasilkan yaitu [nama pengguna]@climatejustice.social.

Namun, meski berbeda server, Anda tetap dapat berkomunikasi dengan pengguna dari server lainnya seperti bagaimana pengguna Gmail mengirim email ke pengguna Hotmail dan sebaliknya.

Meski begitu, ada kemungkinan jika beberapa server telah memblokir server lainnya yang artinya tidak memungkinkan Anda berkomunikasi dengan siapapun dari server yang telah diblokir. 
Kelebihan lain, siapapun dapat mengunduh, memodifikasi, dan menginstal Mastodon di server sendiri. Selain itu, pengembang platform juga tidak memiliki hak cipta.

Cara Membuat Akun Mastodon

Saat Anda tiba di situs web Mastodon, Anda dapat mengklik tombol “buat akun”, yang mengarahkan Anda ke server daftar halaman untuk dipilih. Anda dapat memfilternya berdasarkan berbagai faktor, seperti wilayah, bahasa, topik, kecepatan pendaftaran, dan lainnya.

Pada halaman tersebut, temukan server yang menarik minat Anda dan bergabunglah, jika itu adalah server yang mengharuskan Anda untuk disetujui terlebih dahulu, Anda mungkin perlu menunggu sebentar. Dari sana, Anda dapat mulai menemukan orang untuk diikuti, terlepas dari apakah mereka terdaftar melalui server yang sama atau tidak.