Logo OPEC (Reuters/Dado Ruvic)
Dunia

Mengenal OPEC dan OPEC+ Serta Pengaruhnya pada Harga Minyak Global

  • Ekspor negara-negara anggota OPEC mencapai sekitar 60% dari perdagangan perminyakan global. Pada tahun 2021, OPEC memperkirakan bahwa negara-negara anggotanya menyumbang lebih dari 80% cadangan minyak dunia.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, termasuk Rusia, dikenal sebagai OPEC+ akan bertemu di Wina, Austria, pada 26 November untuk membahas kebijakan bersama mereka.

Lalu apa bedanya antara OPEC dan OPEC+? Di bawah ini adalah fakta kunci tentang OPEC+ dan perannya.

Apa Itu OPEC dan OPEC+?

OPEC didirikan pada tahun 1960 di Baghdad oleh Irak, Iran, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela dengan tujuan mengoordinasikan kebijakan perminyakan dan mengamankan harga yang adil dan stabil. Sekarang, ini mencakup 13 negara, yang sebagian besar berasal dari Timur Tengah dan Afrika. Mereka memproduksi sekitar 30% minyak dunia.

Ada beberapa tantangan terhadap pengaruh OPEC selama bertahun-tahun, seringkali mengakibatkan perpecahan internal, dan dorongan global menuju sumber energi yang lebih bersih dan perpindahan dari bahan bakar fosil pada akhirnya dapat mengurangi dominasinya.

OPEC membentuk apa yang disebut koalisi OPEC+ dengan 10 negara pengekspor minyak non-OPEC terbesar di dunia, termasuk Rusia, pada akhir 2016. OPEC + mewakili sekitar 40% dari produksi minyak dunia, dan tujuan utamanya adalah untuk mengatur pasokan minyak ke pasar dunia. 

Pemimpinnya adalah Arab Saudi dan Rusia, yang masing-masing memproduksi sekitar 9 dan 9,5 juta barel per hari (bpd) minyak, dikutip dari Reuters, Rabu, 22 November 2023.

Bagaimana OPEC Pengaruhi Harga Minyak Global?

Ekspor negara-negara anggota OPEC mencapai sekitar 60% dari perdagangan perminyakan global. Pada tahun 2021, OPEC memperkirakan bahwa negara-negara anggotanya menyumbang lebih dari 80% cadangan minyak dunia.

Karena pangsa pasar yang besar, keputusan yang diambil OPEC dapat mempengaruhi harga minyak global. Anggotanya bertemu secara teratur untuk memutuskan berapa banyak minyak yang akan dijual di pasar global.

Akibatnya, ketika mereka menurunkan penawaran saat permintaan turun, harga minyak cenderung naik. Harga cenderung turun ketika grup memutuskan untuk memasok lebih banyak minyak ke pasar.

Pada pertemuan OPEC+ terakhir pada bulan Juni, Arab Saudi berjanji untuk memangkas produksi sebesar 1 juta barel per hari pada bulan Juli di atas kesepakatan OPEC+ yang lebih luas untuk membatasi pasokan hingga tahun 2024 karena kelompok tersebut berusaha untuk meningkatkan harga minyak yang lesu.

Sejak itu, Arab Saudi telah memperpanjang pemotongan sukarela tambahan hingga akhir tahun ini. Harga minyak pada 16 November merosot sekitar 5% ke level terendah dalam empat bulan di tengah kekhawatiran pertumbuhan ekonomi. 

Mereka sejak itu memulihkan beberapa dasar pada ekspektasi bahwa OPEC+ akan mengambil tindakan untuk menopang harga. Harga, bagaimanapun, sebagian besar telah menepis meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Bagaimana Keputusan OPEC Pengaruhi Ekonomi Global?

Beberapa keputusan pemotongan produksi berdampak signifikan terhadap ekonomi global. Selama Perang Arab-Israel 1973, anggota OPEC Arab memberlakukan embargo terhadap Amerika Serikat sebagai pembalasan atas keputusannya untuk memasok kembali militer Israel, serta negara-negara lain yang mendukung Israel.

Embargo tersebut melarang ekspor minyak bumi ke negara-negara tersebut dan memberlakukan pemotongan produksi minyak. Embargo minyak menekan ekonomi AS yang sudah tegang yang semakin bergantung pada minyak impor. 

Harga minyak melonjak, menyebabkan tingginya biaya bahan bakar bagi konsumen dan kekurangan bahan bakar di Amerika Serikat. Embargo tersebut juga membawa Amerika Serikat dan negara-negara lain ke ambang resesi global.

Pada tahun 2020, selama lockdown COVID-19 di seluruh dunia, harga minyak mentah merosot. Setelah perkembangan itu, OPEC + memangkas produksi minyak sebesar 10 juta barel per hari, yang setara dengan sekitar 10% dari produksi global, untuk mencoba menaikkan harga.

Negara Mana Saja yang Menjadi Anggota OPEC?

Anggota OPEC saat ini adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Irak, Iran, Aljazair, Angola, Libya, Nigeria, Kongo, Guinea Ekuatorial, Gabon, dan Venezuela.

Negara-negara non-OPEC dalam aliansi global OPEC+ diwakili oleh Rusia, Azerbaijan, Kazakhstan, Bahrain, Brunei, Malaysia, Meksiko, Oman, Sudan Selatan, dan Sudan.