Dari ki-ka : Manajer Program Ekosistem Kehutanan KEHATI Rio Rovihandono - Dosen Fakultas Kehutanan IPB University Sutopo - Corporate Values Manager The Body Shop Indonesia, Dita Agustia - Direktur Yayasan Orangutan Sumatera Lestari,Orangutan Information Centre Fransisca Ariantiningsih - Direktur Komunikasi dan Kemitraan Yayasan KEHATI Rika Anggraini berbincang sebelum talkshow di acara Roadshow Peduli Orangutan Tapanuli di Kampus IPB Bogor, Rabu 8 Maret 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Mengenal Orangutan Tapanuli, Kerabat Dekat Manusia yang Terancam Punah

  • Ketika dinobatkan sebagai jenis baru pada tahun 2017, Orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis), yang hidup di Ekosistem Batang Toru, Sumatra Utara resmi meneman
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Ketika dinobatkan sebagai jenis baru pada tahun 2017, Orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis), yang hidup di Ekosistem Batang Toru, Sumatera Utara resmi menemani 2 jenis orangutan yang sudah ada di Indonesia, yaitu orangutan Sumatra (Pongo abelii) dan orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus). Menariknya, jenis ini hanya ada Sumatra Utara Indonesia. Bukan sekedar penambah koleksi, orangutan tapanuli merupakan simbol dari kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia.

Namun, Kondisi orangutan tapanuli menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) masuk ke dalam daftar satwa yang terancam punah (critically endangered). Dokumen Strategi dan Rencana Aksi Konservasi [SRAK] Orangutan 2019- 2029 menyatakan jumlah populasi orangutan tapanuli sekitar 577-760 individu, di habitat seluas 1.051,32 kilometer persegi yang tersebar di Batang Toru Barat dan Batang Toru Timur.

Yayasan KEHATI bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari - Orangutan Information Centre (OIC) dengan dukungan The Body Shop Indonesia terus mendorong kampanye penyadartahuan orangutan tapanuli kepada masyarakat Indonesia khususnya generasi muda. Salah satu kampanye penyadartahuan yang dilakukan oleh Yayasan KEHATI dan OIC, yaitu Roadshow Peduli Orangutan Tapanuli ke beberapa kampus di Indonesia, antara lain Universitas Sumatera Utara, IPB University, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Gadjah Mada. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia