Mengenal Fintech P2P Lending Resmi: Danamas, Kredit Online Besutan Konglomerat Sinarmas

  • Peer to Peer Lending Danamas merupakan kredit online resmi di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang ditujukan untuk pelaku usaha produktif terutama usaha mikro untuk dapat meningkatkan usahanya yang selalu disebabkan oleh alasan klasik yaitu kekurangan modal usaha.

Dewi Aminatuz Zuhriyah

Dewi Aminatuz Zuhriyah

Author

JAKARTA – Peer to Peer Lending Danamas merupakan kredit online resmi di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang ditujukan untuk pelaku usaha produktif terutama usaha mikro untuk dapat meningkatkan usahanya yang selalu disebabkan oleh alasan klasik yaitu kekurangan modal usaha. Mulai dari petani, peternak dan pelaku usaha lainnya seperti pedagang pulsa dan invoice financing.

Mengutip dari laman resmi Danamas, Senin 22 Februari 2021, kredit online ini, selain menyediakan pinjaman bagi pelaku usaha, juga memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin menjadi pemodal.

Kelebihan menjadi pemodal dari Danamas yaitu pertama dapat menentukan sendiri return/hasil yang diinginkan dari peminjam.

Kedua, dapat memberikan pinjaman dengan jumlah minimal kepada banyak peminjam agar resiko dapat tersebar.

Ketiga, laporan transaksi pendanaan dapat dilihat secara lengkap dan mudah dimengerti.

Keempat, bunga pinjaman diterima di awal pada saat mendanai pinjaman untuk pendanaan kepada reseller pulsa

Kelima, pengembalian pokok dan bunga secara bulanan. Selain itu, dana yang dipinjamkan oleh pemodal tercover asuransi hingga 99%. Jangka waktu dapat disesuaikan dengan siklus bisnis peminjam, dan keuntungan sampai dengan 20%++p.a.

Kelebihan Peminjam

Sementara itu, kelebihan bagi borrowor/peminjam di Danamas dapat memaksimalkan usaha yang ada. Fleksibel dalam mengatur pengembalian sesuai dengan pendapatan yang diperoleh. Proses yang tidak berbelit-belit, biaya yang terjangkau dan pencairan kredit yang cepat.

Selain itu, pinjaman modal kerja bisa dimulai dari Rp 500.000 dan suku bunga disesuaikan dengan kemampuan usaha peminjam.

Sebagai informasi, pinjaman online ini adalah merk dari perusahaan yang berdiri sejak tahun 2000 dengan nama PT. Komunindo Arga Digital. Kemudian untuk lebih memudahkan konsumen berganti nama menjadi PT Pasar Dana Pinjaman yang berdiri dibawah naungan Sinarmas Financial Service.

Pemegang saham Danamas saat ini adalah Pt. Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 66,66% dan Itochu Corporation Japan sebesar 33,34%.