Mengenal Profil Michael Gambon, Sosok Kepala Sekolah Hogwarts di Film Harry Potter
Hiburan

Mengenal Profil Michael Gambon, Sosok Kepala Sekolah Hogwarts di Film Harry Potter

  • Simak penjelasan mengenai profil aktor Irlandia-Inggris Michael Gambon, sosok Kepala Sekolah Sihir Hogwarts Albus Dumbledore di film Harry Potter yang dikabarkan baru saja meninggal dunia pada usia 82 tahun.

Hiburan

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Aktor kelahiran Irlandia, Michael Gambon dikabarkan meninggal dunia pada 28 September 2023 waktu setempat. Aktor yang tutup usia pada 82 tahun tersebut dikenal sebagai sosok Albus Dumbledore, kepala sekolah sihir Hogwarts yang tegas dan baik hati dalam film Harry Potter.

Seperti yang dilansir Trenasia dari The New York Times pada Jumat, 29 September 2023, keluarga Michael Gambon memberikan konfirmasi kematiannya dalam pernyataan singkat yang dikeluarkan pada hari Kamis setempat melalui perusahaan humas.

“Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya, Anne, dan putranya Fergus di samping tempat tidurnya, setelah menderita pneumonia,” kata pernyataan itu. Akan tetapi, tidak disebutkan rumah sakit tempat Michael Gambon meninggal dunia.

Profil Michael Gambon, Pemain Albus Dumbledore di Film Harry Potter

Profil Michael Gambon, pemain Albus Dumbledore di film Harry Potter

Michael John Gambon lahir di Dublin pada 19 Oktober 1940, di mana ia menjadi warga negara ganda Inggris dan Irlandia setelah dirinya dan ibunya pindah ke London untuk bergabung dengan ayahnya, Edward yang merupakan seorang insinyur yang sedang membantu membangun kembali kota tersebut setelah dibom parah pada tahun 1945.

Ketika keluarganya pindah dari London Utara ke Kent, Michael Gambon sempat menjadi pembuat perkakas di Vickers-Armstrongs yang terkenal karena membuat pesawat tempur Spitfire Inggris. Michael Gambon diketahui dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1998 dengan gelar Knight Bachelor oleh Ratu Elizabeth II di Buckingham Palace.

Sepanjang kariernya, disebutkan bahwa Michael Gambon cenderung tidak mementingkan film, tidak seperti permainan di stage atau TV. Ia juga cenderung berperan dalam peran yang relatif kecil atau sebagai cameo, di mana ia mulai berakting sebagai Olivier Othello pada tahun 1965.

Berbeda dari karakter Albus Dumbledore, Michael Gambon justru sering betah berperan sebagai orang jahat, di mana perannya yang paling terkenal adalah sebagai pencuri dalam film The Cook, the Thief, His Wife and Her Lover karya Peter Greenaway dari tahun 1989.

Dari tahun 1999 hingga 2001 Michael Gambon berhasil memenangkan penghargaan sebagai Best Actor pada ajang BAFTA secara berturut-turut untuk film Wives and Daughters, Longitude, dan Perfect Strangers. Bahkan perannya sebagai Lyndon B. Johnson dalam mini seri Path to War tahun 2002 berhasil membuatnya memperoleh nominasi Emmy, begitu pula peran Mr. Woodhouse dalam adaptasi Emma karya Jane Austen pada tahun 2009.

Michael Gambon mulai bergabung bermain menjadi Albus Dumbledore di film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004) setelah pemeran Albus Dumbledore sebelumnya, Richard Harris, meninggal dunia pada tahun 2002. Michael Gambon terus berakting sebagai Albus Dumbledore pada film Harry Potter Goblet of Fire (2005), Order of the Phoenix (2007), Half-Blood Prince (2009) dan Deathly Hallows Part 1 dan 2 (2010-2011).

Seperti yang dilansir Trenasia dari The Guardian, mungkin peran Michael Gambon di Harry Potter tidak terlalu menuntut di mana pada saat itu kesehatannya mulai memburuk, tapi dia tetap mampu membawakan sosok Dumbledore dengan baik. Film Harry Potter tampaknya telah menjadikan Michael Gambon sosok yang meluas ke imajinasi anak-anak di seluruh dunia dan memiliki adegan yang tidak terlupakan bersama Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter. 

Itu tadi penjelasan mengenai profil aktor Irlandia-Inggris Michael Gambon, sosok Kepala Sekolah Sihir Hogwarts Albus Dumbledore di film Harry Potter yang dikabarkan baru saja meninggal dunia pada usia 82 tahun.