Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/woman-sitting-on-a-couch-using-her-phone-5902269/
Gaya Hidup

Mengenal Prokrastinasi, Kebiasaan yang Bikin Resolusi Tak Terwujud

  • Pelaku prokrastinasi disebut prokrastinator
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA – Apakah Anda sering menunda-nunda saat mengerjakan sesuatu? Bisa jadi Anda sedang melakukan prokrastinasi. Prokrastinasi adalah perilaku menunda untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan ketika menghadapi situasi yang sulit. Pelaku prokrastinasi disebut prokrastinator.

Tim Urban seorang blogger dan penulis dalam video Ted Talknya yang memiliki 51 juta views berjudul Inside the mind of a master procrastinator  mengilustrasikan apa yang sebenarnya terjadi di dalam pikiran seorang prokrastinator. 

Ilustrasi diawali dengan adanya dua tokoh yang sedang berlayar di lautan dalam pikiran seorang prokrastinator yaitu tokoh Manusia yang bernama Pembuat Keputusan Logis dan tokoh Monyet yang bernama Monyet Kepuasan Instan. 

Mula-mula kendali kapal dipegang oleh Manusia yang merasa harus menyelesaikan tugas dan menjadi seproduktif mungkin. Lalu Monyet mengambil alih kendali dan memberikan ide untuk melakukan kegiatan lain yang lebih mudah dan menyenangkan seperti menonton video youtube, membaca gossip artis hingga membuka tutup kulkas. 

Monyet hanya mau melakukan kegiatan yang mudah dan menyenangkan karena ia tidak memiliki masa lalu dan masa depan melainkan hanya hidup di masa kini. Lalu muncullah tokoh yang ketiga yaitu Si Monster Panik, Monster Panik hanya akan datang saat waktu pengumpulan tugas akan tiba, dan Monyet Kepuasan Instan sangat takut dengan Monster Panik sehingga kendali dapat diambil alih oleh si Pembuat Keputusan Logis. 

Sayangnya Monster Panik tidak selamanya muncul karena di hidup kita beberapa hal tidak memiliki deadline seperti usaha untuk hidup lebih sehat, membuka bisnis, hingga rencana untuk berganti karir. Prokrastinasi pada hal yang tidak memiliki deadline ini dampaknya jauh lebih buruk dibandingkan prokrastinasi yang memiliki deadline. 

Di sinilah seseorang harus mulai sadar bahwa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, Si Pembuat Keputusan Logis harus menang memegang kendali melawan Monyet Kepuasan Instan.