Ilustrasi Minnesota (minnesotamonthly/SCRUGGELGREEN/SHUTTERSTOCK)
Dunia

Mengenal Sejarah Minnesota Hingga Fakta Menariknya

  • Nama Minnesota berasal dari kata dalam bahasa suku Dakota untuk Sungai Minnesota, yaitu “mnisota,” yang berarti air berawan, berlumpur atau air berwarna seperti langit.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Mungkin sekitar 12.000 tahun yang lalu orang pertama datang ke wilayah yang sekarang disebut Minnesota. Suku-suku asli Amerika, termasuk Dakota Sioux, Arapaho, Cheyenne, Iowa, Omaha, Winnebago, dan Ojibwe, antara lain, hidup di tanah itu berabad-abad kemudian.

Gooseberry Falls State Park (kids.nationalgeographic.com/ALIAKSANDR NIKITSIN, DREAMSTIME)

Setelah memenangkan Revolusi Amerika, Amerika Serikat mengambil alih tanah yang sebelumnya dimiliki oleh Inggris yang sekarang menjadi bagian Midwest. Kemudian pada tahun 1803, Amerika Serikat membeli Wilayah Louisiana dari Prancis. Bagian dari tanah dari kedua wilayah ini, dan tanah yang diperoleh melalui pembuatan perjanjian dengan suku-suku asli Amerika, digabungkan untuk membentuk Wilayah Minnesota.

Minnesota kemudian diperluas melalui perjanjian dengan suku Dakota, dan pada tahun 1858, wilayah ini menjadi negara bagian ke-32. Pada awal Perang Saudara Amerika pada tahun 1861, Minnesota, yang merupakan negara bagian Union, menjadi negara bagian pertama yang secara sukarela mengirimkan pasukan untuk berperang.

Arti Nama

Nama Minnesota berasal dari kata dalam bahasa suku Dakota untuk Sungai Minnesota, yaitu “mnisota,” yang berarti air berawan, berlumpur atau air berwarna seperti langit.

Julukan resmi Minnesota berasal dari motto negara dalam bahasa Prancis, yang diadopsi pada tahun 1861 yaitu, l'étoile du nord yang berarti bintang di utara. Julukan tidak resmi lainnya adalah Tanah Seribu Danau karena, tentu saja, Minnesota memiliki ribuan danau—sekitar 11.842 untuk lebih tepatnya.

Geografi dan Bentang Alam

Minnesota berbatasan dengan Kanada di utara, Danau Superior dan Wisconsin di timur, Iowa di selatan, dan Dakota Utara dan Selatan di barat. Sebagian besar topografi (bentuk permukaan) negara bagian ini terbentuk ribuan tahun yang lalu oleh gletser. Massa es yang bergerak lambat ini mengukir dataran Minnesota dan perbukitan rendahnya. Mereka juga menciptakan banyak danau di negara bagian ini.

Wilayah utara Minnesota memiliki danau dalam yang dalam, aliran sungai, punggung berbatu, hutan lebat, dan titik tertinggi negara bagian, Gunung Eagle. Wilayah ini berbatasan dengan Danau Superior, danau air tawar terbesar di dunia berdasarkan luas permukaan.

Dari perbatasan Kanada hingga tepi South Dakota terdapat Lembah Sungai Merah, sebuah daerah yang sebagian besar datar dengan tanah subur. Di bagian barat daya Minnesota terdapat lapisan gletser tebal yang terdiri dari tanah liat dan kerikil.

Wilayah tenggara yang jauh dari negara bagian ini adalah satu-satunya area yang tidak terpengaruh oleh gletser selama zaman es terakhir. Wilayah ini memiliki lembah yang terbentuk oleh aliran sungai, gua-gua, dan tebing-tebing tinggi.

Fauna dan Flora Liar

Beberapa mamalia di Minnesota termasuk martens Amerika, bobcat, muskrat, rakun, dan rusa ekor putih. Burung-burung seperti elang gyrfalcon, burung hantu berhulu besar, dan snipe terbang melintasi negara bagian ini.

Amfibi di Minnesota meliputi kodok padang pasir barat, salamander punggung merah timur, dan kura-kura peta utara. Negara bagian ini juga menjadi rumah bagi reptil seperti kadal padang rumput, ular garter, dan ular derik kayu berbisa.

Bayi Rakun (kids.nationalgeographic.com/GERALD A. DEBOER, SHUTTERSTOCK)

Di antara 52 spesies pohon asli Minnesota adalah quaking aspen, American elm, mountain maple, white spruce, dan red pine (pohon negara). Mata boneka (dikenal karena buahnya yang mirip bola mata), bunga matahari, white meadowsweet, dan sweet pea adalah beberapa bunga liar di negara bagian ini.

Sumber Daya Alam

Pegunungan Mesabi di Minnesota telah menjadi penghasil bijih besi yang sangat besar. Negara bagian ini juga dikenal dengan penambangan mangan, yang digunakan untuk membuat aluminium dan baja, dan juga dapat ditemukan dalam baterai.

Fakta Menarik

1. Di pusat kota Minneapolis terdapat sistem jalur berjalan di atas tanah selama sembilan mil yang menghubungkan bangunan-bangunan kota. Menghubungkan lebih dari 73 blok, sistem ini dianggap sebagai jalur berjalan di atas langit terbesar di dunia.

2. Tokoh terkenal dari Minnesota termasuk pencipta “Peanuts” Charles Schulz, aktris Wizard of Oz Judy Garland, dan musisi Prince dan Bob Dylan.

3. Mal of America di Minnesota adalah mal terbesar di Amerika Serikat. Mal ini memiliki lebih dari 500 toko, taman hiburan seluas tujuh acre, dan roller coaster berukuran penuh di dalamnya.

4. Olahraga ski air diciptakan di Minnesota pada tahun 1922.

5. Legenda mengatakan bahwa raksasa pembalap kayu Paul Bunyan dan lembu biru menciptakan danau-danau di Minnesota dengan jejak kaki mereka. Namun, danau-danau sebenarnya terbentuk akibat melelehnya gletser.