Ilustrasi vision board
Gaya Hidup

Mengenal Vision Board, Papan Berisi Tujuan Hidup Anda dan 3 Manfaatnya

  • Istilah vision boad kerap disebut-sebut mampu membantu Anda mewujudkan impian
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Istilah vision boad kerap disebut-sebut mampu membantu Anda mewujudkan impian. Vision board adalah papan yang berisi kumpulan gambar yang mewakili tujuan dan impian yang ingin Anda capai. 

Gambar-gambar ini dapat berupa potongan dari majalah, kata-kata yang menginspirasi hingga gambar yang murni Anda download dari internet dan mencetaknya.

Banyak cerita dan testimoni orang-orang yang berhasil mewujudkan mimpi mereka salah satunya karena dengan membuat vision board. Namun di komunitas ilmiah, vision board memiliki sedikit kontrovesi. Dilansir dari situs psychologytoday vision board kerap dikaitkan dengan hukum tarik menarik dan tidak memiliki dukungan ilmiah dibaliknya.

Terlepas dari kontroversi tersebut, tak ada salahnya membuat vision board. Karena, walau tidak banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat vision board. Vision board tetap memiliki banyak manfaat diantaranya adalah:

1. Membantu Anda labih memahami apa yang ingin Anda wujudkan
Banyak orang yang menjalani hidup mereka tanpa mengetahui apa yang benar-benar ingin mereka wujudkan. Sehingga hidup mereka berjalan layaknya robot. Beralih dari satu rutinitas ke rutinitas yang lain tanpa benar-benar memahami makna hidup mereka. Setidaknya dengan vision board, Anda dapat mengantisipasi kesalahan ini.

2. Membantu menentukan apa yang penting bagi Anda
Banyaknya hal yang harus Anda urus di hidup Anda mungkin terasa membingungkan dan membuat Anda hanya terfokus pada hal yang mendesak saja. Impian jangka panjang tidak bersifat mendesak sehingga Anda mungkin meninggalkan rutinitas yang dapat mendekatkan Anda dengan impian jangka panjang Anda. 

Dengan vision board Anda dapat menentukan apa yang penting bagi Anda dan memutuskan langkah apa yang perlu dilakukan guna mencapainya.

3. Membantu Anda membayangkan seperti apa masa depan yang positif bagi Anda
Membayangkan masa depan yang positif adalah cara yang bermanfaat untuk meningkatkan emosi positif dan optimisme. Emosi positif seringkali menciptakan peluang dan meningkatkan peluang sukses.

Nah berikut tadi adalah 3 manfaat yang akan Anda dapatkan dengan membuat vision board. Semoga bermanfaat!