Tekno

Mengingatkan pada Planet Asal Superman, Cahaya Hijau Meledak di Atas Australia

  •  SYDNEY-Bola api hijau langka meledak di atas Australia, menciptakan kilatan terang yang terlihat hingga ratusan milMeteor yang meledak, yang dikenal sebag
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

SYDNEY-  Sebuah meteor hijau yang tidak biasa baru-baru ini meledak di langit saat jatuh di atas Australia. Meteor  mengeluarkan kilatan cahaya cemerlang yang dapat dilihat dari jarak ratusan kilometer dan ledakan keras yang mengejutkan penduduk setempat di bawahnya.

Kamera di Bandara Cairns di Queensland merekam video meteor yang meledak yang dikenal sebagai bolide pada pukul 21:22 waktu setempat pada 20 Mei 2023. Rekaman video yang diunggah ke akun Facebook bandara menunjukkan kilatan hijau awal menerangi langit malam sebelum kilatan sekunder berwarna putih. Fenomena ini mengingatkan pada tokoh fiksi Superman yang datang dari planet Krypton. Sebuah planet yang digambarkan berwarna hijau.

Rekaman tambahan yang ditangkap di telepon pintar, kamera dasbor, dan kamera keamanan menunjukkan bahwa kilat terlihat dari Normanton,  sekitar 600 kilometer sebelah barat Cairns. Suara ledakan terdengar paling jelas di atas kota Croydon sekitar  100 km timur Normanton. Ini  menunjukkan bahwa meteor tersebut meledak di  atas.

Brad Tucker, astrofisikawan di Australian National University di Canberra kepada The Guardian mengatakan batu luar angkasa itu kemungkinan cukup kecil, antara  0,5 dan 1 meter  dan dapat bergerak hingga  150.000 km/jam.  Setiap fragmen yang jatuh ke Bumi kemungkinan besar sangat kecil dan kemungkinan besar masih membeku.

Bolides adalah meteor yang meledak di atmosfer Bumi karena  gesekan yang akhirnya menyebabkan batuan ruang angkasa hancur seketika dengan kekuatan yang cukup untuk memicu ledakan sonic.

"Gesekan menumpuk dan menyebabkan cahaya itu dan kemudian mencapai titik puncaknya, yang menyebabkan kilatan besar dan dentuman sonic,” kata Tucker.

Tucker menambahkan kebanyakan bolides memancarkan cahaya putih atau kuning saat meledak. Kilatan hijau yang tidak biasa dari meteor yang meledak di atas Croydon disebabkan oleh tingginya konsentrasi logam seperti besi dan nikel di dalam meteor.

Sinar hijau serupa juga dapat dipancarkan oleh meteor bola api, yaitu meteor yang sangat terang yang pecah di atmosfer bumi tetapi tidak meledak dengan intensitas yang sama. Pada Agustus 2022, bola api hijau terlihat di atas Selandia Baru, dan pada November 2022, bola api lainnya jatuh di Danau Ontario.

Menurut badan antariksa Amerika NASA, bolides terjadi di atmosfer bumi relatif sering. Antara Juli 2017 dan Januari 2022, para astronom mendeteksi sekitar 3.000 bolides. Tetapi pengamat di lapangan hanya menyaksikan beberapa ledakan ini setiap tahun. Ini  karena sebagian besar ledakan terjadi jauh dari daerah berpenduduk atau di atas lautan.