Interior KA Argo Dwipangga terbaru
Nasional

Mengintip Fasilitas Mewah Terbaru di Argo Dwipangga

  • PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengoperasikan rangkaian kereta terbaru buatan PT INKA di Madiun untuk dipergunakan sebagai KA Argo Dwipangga relasi Solo Balapan-Gambir PP. Rangkaian baru itu terhitung mulai dioperasikan secara reguler mulai Rabu, 13 Desember 2023.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA  - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengoperasikan rangkaian kereta terbaru buatan PT INKA di Madiun untuk dipergunakan sebagai KA Argo Dwipangga relasi Solo Balapan-Gambir PP. Rangkaian baru itu terhitung mulai dioperasikan secara reguler mulai Rabu, 13 Desember 2023. Pengoperasian sarana baru tersebut berbarengan dengan hendak dimulainya musim  liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Satu set rangkaian kereta baru milik KA Argo Dwipangga itu terdiri dari sembilan Kereta Eksekutif New Generation, tiga Kereta Luxury New Generation, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit. Namun dalam opersionalnya, kereta ini hanya membawa tujuh Kereta Eksekutif New Generation, tiga Kereta Luxury New Generation, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit.

Beragam fasilitas terbaru terpasang pada kereta ini. Pertama, terdapat pintu elektrik otomatis pada pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta. Hal ini cukup berbeda dengan kereta generasi sebelumnya yang digunakan KA Argo Dwipangga yang masih menggunakan pintu manual. Keberadaan pintu tersebut mempermudah penumpang dalam beraktivitas di dalam kereta.

Kedua, terdapat fitur Passenger Information Display System (PIDS). Fitur tersebut bisa menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. Sekilas, penempatan PIDS pada KA Argo Dwipangga mirip dengan yang berada di KA Cepat Whoosh. Melalui fitur tersebut, penumpang dapat mengetahui posisinya berada dimana serta kecepatan dari kereta yang ditumpanginya tersebut.

Ketiga, penggunaan tempered double glass pada kaca kereta dari sebelumnya hanya tempered glass. Kaca tersebut mampu membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam kabin serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Selain itu, penggunaan kaca tersebut juga mampu mereduksi kebisingan dari luar menjadi lebih baik. Dengan begitu, suara di dalam kabin menjadi kedap dan lebih nyaman.

Keempat, terdapat USB charger port pada masing-masing kursi. Hal ini berbeda dari kereta eksekutif sebelumnya yang juga telah dilengkapi fasilitas demikian namun tidak berada pada tiap kursi tetapi menempel pada dinding kereta. Dengan begitu, penumpang tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai untuk ponsel, laptop, smart watch dan beragam alat elektronik lain yang dibawanya.

Pada kereta ini terdapat toilet yang dipisahkan antara laki-laki dengan Perempuan. Toilet tersebut juga didesain sedemikian rupa sehingga terlihat mewah sesuai dengan kelasnya. Terdapat pula CCTV yang menambah keamanan pada kabin kereta tersebut. Berbagai fasilitas itu tidak hanya ditemukan pada kereta eksekutif saja, namun juga pada kereta makan.

Interior pada kereta makan memiliki aksen kayu yang memberikan tampilan dan kesan yang lebih elegan. Kursi dan meja untuk makan juga tersedia lebih banyak pada rangkaian kereta baru ini. Selain itu, kursi pada kereta makan juga memiliki desain yang empuk sehingga nyaman dipergunakan saat menyantap makanan saat di kereta.

Untuk dapat menjajal kereta baru tersebut, PT KAI membanderol tiketnya dengan harga Rp545.000 sampai Rp645.000 untuk kelas eksekutif. Adapun kelas luxury, dibanderol dengan harga Rp1.275.000 hingga Rp1.540.000. Perjalanan KA juga cukup cepat dengan waktu tempuh hanya tujuh jam saja dari Gambir-Solo Balapan atau sebaliknya.

Keberadaan rangkaian baru untuk KA Argo Dwipangga itu merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 hingga 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero) di Madiun. Nantinya Kereta New Generation ini akan dioperasikan untuk KA lainnya secara bertahap. 

Berdasarkan pantauan dan informasi yang dihimpun oleh Trenasia, terdapat satu set kereta Stainless Steel New Generation bertuliskan “Argo Lawu” terparkir di kawasan Stasiun Solo Balapan. Kemudian, terdapat kereta serupa dengan corak livery biru dan bertuliskan “Taksaka” tengah dikirim menuju Yogyakarta.