Pantai Poganda (pariwisata.banggaikep.go.id)
Dunia

Mengintip Negara Terkecil di Dunia dengan Destinasi Wisata Indah

  • Beberapa negara dengan luas lebih kecil bisa kalian jadikan bucket list liburan kalian yang dijamin menyenangkan.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Menikmati waktu untuk berlibur apa lagi ke luar negeri tentu saja menyenangkan. Pastinya banyak hal menarik yang dapat kita coba, seperti menjelajah kuliner, menikmati keindahan alam, hingga mempelajari budaya di negara tersebut.

Ketika kita berpikir untuk pergi ke suatu tempat untuk berwisata, kita sering memilih negara yang lebih besar dan terkenal. Nah, kali ini justru kebalikannya.

Beberapa negara dengan luas lebih kecil bisa kalian jadikan bucket list liburan kalian yang dijamin menyenangkan. Dilansir dari TBS News, berikut ini beberapa negara terkecil di dunia yang memiliki destinasi wisata indah.

Vatikan

Vatikan diakui secara internasional sebagai negara terkecil di dunia. Negara ini memiliki luas sekitar 0,44 kilometer persegi dan terkurung daratan di wilayah Roma, Italia.

Sebagai negara kecil yang terletak di Roma, Vatikan menjadi destinasi yang sangat populer bagi wisatawan, terutama bagi umat Katolik dari seluruh dunia. Di sana, pengunjung dapat menikmati keindahan bangunan gereja dengan arsitektur indah.

Karena itu, Vatikan menjadi tujuan wisata yang sempurna bagi mereka yang tertarik dengan sejarah, budaya, arsitektur, dan seni.

Vatikan juga dikenal sebagai kota di dalam kota yang merupakan enklave di kota Roma. Setiap tahun lebih dari 5 juta orang mengunjungi tempat itu. Meskipun Vatikan bukan anggota PBB, Vatikan diakui secara luas sebagai negara merdeka. Banyak orang mengunjungi Vatikan untuk melihat Basilika Santo Petrus yang indah, permata arsitektur Renaisans, dan koleksi luar biasa di Museum Vatikan.

Di Basilika, kalian akan menemukan makam Petrus dan karya seni terkenal seperti Pieta karya Michelangelo. Museum Vatikan penuh dengan seni dan sejarah.

Monako

Monako terletak di bagian barat Benua Eropa, Monako adalah destinasi liburan favorit bagi para crazy rich/miliarder. Negara ini memiliki luas sekitar 2 kilometer persegi dan dirancang dengan tata letak yang sangat terorganisir. Di wilayahnya, terdapat teluk-teluk kecil—dipenuhi dengan kapal pesiar mewah yang bersandar.

Terletak di sepanjang French Riviera, negara bagian mewah ini memiliki lebih dari 32.000 penduduk. Ada banyak alasan untuk mengunjungi negara kecil yang indah ini.

Diantaranya termasuk cuaca bagus, restoran dan klub malam terkenal dunia, balapan Grand Prix Formula 1, kasino paling terkenal di dunia dan belanja eksklusif. Oleh karena itu, jelas seseorang perlu merogoh kocek yang dalam untuk mengunjungi negara ini. Bahkan di luar musim, tarif hotel sangat tinggi.

San Marino

Negara yang terletak di Eropa Selatan dan berbatasan langsung dengan Italia ini hanya memiliki luas sekitar 61,2 kilometer persegi. San Marino dikenal sebagai negara tertua di dunia, didirikan sejak Kekaisaran Romawi pada tahun 301 Masehi.

Meskipun ukurannya kecil, pengunjung masih bisa menikmati pengalaman yang memukau di San Marino. Salah satu tempat paling terkenal yang bisa dikunjungi adalah benteng Rocca Guaita dan Torre Ceste. Dari puncak Gunung Titano, pengunjung akan mendapatkan pemandangan kota yang menakjubkan.

Liechtenstei

Terletak di antara Swiss dan Austria, Liechtenstein adalah satu-satunya negara yang berada di Pegunungan Alpen dengan luas wilayah sekitar 160 kilometer persegi, menjadikannya salah satu negara terkecil.

Dipimpin oleh seorang Pangeran, negara ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik. Pengunjung dapat menikmati berbagai kastil yang memukau dengan arsitektur indah, serta pemandangan alam dan pegunungan yang mengagumkan.

Meskipun Liechtenstein adalah salah satu negara terkecil, kehidupan di sana sangat makmur. Penduduknya hidup sejahtera dengan tingkat pengangguran yang sangat rendah.

Negara terkecil keenam di dunia yang kaya akan keindahan dan pegunungan, merupakan sisa terakhir Kekaisaran Romawi Suci. Negara ini hingga saat ini masih diperintah oleh keluarga Liechtenstein yang tinggal di kastil di atas bukit. 

Pulau Marshall

Di Samudera Pasifik, terdapat sebuah negara kepulauan dengan luas sekitar 181 kilometer persegi, yaitu Kepulauan Marshall. Letaknya di tengah laut memberikan keunggulan wisata alam berkat keanekaragaman hayati yang luar biasa. Di sana, pengunjung dapat menemukan lebih dari 800 spesies ikan dan 160 jenis terumbu karang.

Selain itu, di sekitar Pulau Marshall, pengunjung juga bisa mengunjungi Pulau Ebeye dan Arno Atoll yang sama-sama mempesona.

Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis, yang merupakan dua wilayah kepulauan di Karibia, dengan luas total sekitar 261 kilometer persegi. Negara ini sangat bergantung pada pariwisata sebagai pilar utama ekonominya.

Dengan pemandangan alam yang eksotis, pantai berpasir putih, air laut yang kristal, serta keanekaragaman hayati dan biota laut yang mengagumkan, negara ini menawarkan destinasi ideal bagi para wisatawan yang menyukai laut.

Maladewa

Maladewa yang juga dikenal sebagai Maldives, adalah salah satu negara terkecil di dunia dengan luas total hanya sekitar 297,8 kilometer persegi, yang terdiri dari beberapa pulau yang tersebar di sekitarnya.

Pulau ini menawarkan tempat yang ideal bagi para pecinta pantai. Wisatawan dapat menikmati pemandangan laut yang memukau, bersantai di bawah sinar matahari, dan menyelam untuk melihat keindahan alam bawah laut yang mempesona.

Jika kalian salah satu dari mereka yang ingin menjelajahi kehidupan bawah laut, perjalanan ke negara yang luasnya hanya 300 kilometer persegi. Ini pastinya merupakan kesempatan sekali seumur hidup. Pantai berpasir putih, perairan biru jernih, dan pilihan akomodasi menjadikan negara ini bernilai setiap sen yang Anda keluarkan untuk mengunjunginya.

Malta

Malta adalah negara kecil yang terletak di Laut Mediterania dengan luas wilayah sekitar 316 kilometer persegi, hampir serupa dengan Maladewa.

Sebagai negara kepulauan, Malta menawarkan berbagai destinasi wisata yang memikat dengan pemandangan laut dan pantai yang spektakuler. Beberapa tempat yang harus dikunjungi oleh wisatawan adalah Pulau Gozo, Comino, dan Blue Lagoon.

Lebih dari sekadar pulau dan pantai, Malta juga kaya akan situs sejarah dan budaya. Pengunjung dapat menikmati arsitektur Mediterania kuno dan bangunan dengan desain relief yang kompleks.

Grenada

Grenada adalah negara kepulauan yang terletak di ujung selatan Kepulauan Windward di Karibia, Amerika Tengah. Negara ini termasuk dalam daftar negara-negara terkecil di dunia dengan luas wilayah sekitar 344 kilometer persegi.

Dikenal sebagai penghasil rempah-rempah, Grenada memiliki tanaman seperti pala, cengkeh, kayu manis, dan kakao, dan bahkan negara ini dijuluki sebagai salah satu penghasil pala terbesar di dunia.

Kini, Grenada menjadi destinasi wisata populer berkat keindahan lautnya yang menakjubkan. Pulau ini memiliki surga bawah laut yang jadi favorit wisatawan, yaitu The Milonere. Di sana terdapat museum bagi puluhan patung yang berada di bawah laut.

Palau

Dengan luas wilayah sekitar 454,4 kilometer persegi, Palau ini dikenal karena keindahan alam yang memukau, air lautnya yang jernih, dan kekayaan budayanya, menjadikannya surga bagi pelancong yang mencari petualangan alam tak terlupakan.

Blue Corner, salah satu situs penyelaman yang terkenal di Palau, menawarkan kesempatan untuk melihat berbagai kehidupan laut dengan arus yang cukup kuat sehingga menarik spesies besar seperti hiu dan ikan Napoleon.

Selain itu, Danau Ubur-Ubur juga menjadi tempat yang harus dikunjungi. Di sana, wisatawan dapat berenang bersama ratusan ubur-ubur yang tidak menyengat, memberikan pengalaman unik dan tak terlupakan.

Palau sering dikenal sebagai Belau, pulau ini sekelompok 250 pulau di wilayah Mikronesia di Oseania. Sebagian besar pengunjung suka menghabiskan waktunya dengan scuba diving bawah air. Negara ini adalah rumah bagi situs-situs terkenal seperti The Blue Corner, German Channel, dan Blue Holes.”

“Penuh dengan hiu, kerang raksasa, terumbu karang, lubang biru, gua, terowongan, makhluk laut unik, dan ikan berwarna-warni yang berlimpah, ini adalah taman bermain bawah air terbaik. penyelaman yang terkenal di Palau, menawarkan kesempatan untuk melihat berbagai kehidupan laut dengan arus yang cukup kuat sehingga menarik spesies besar seperti hiu dan ikan Napoleon.

Itu dia beberapa pulau terkecil di dunia yang memiliki destinasi wisata indah. Kalian tertarik mengunjungi pulau apa?