Industri

Mengulik Perkiraan Biaya Pembuatan Iklan Sirup Marjan yang Menggunakan CGI

  • Jika keseluruhan iklan tersebut menggunakan CGI, maka diperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk proses produksi adalah kisaran US$2,1 juta -US$3 juta atau kisaran Rp32,3 miliar-Rp46,1 miliar
Industri
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Manjelang puasa, iklan sirup salah satu hal yang paling banyak muncul di layar kaca. Salah satu yang identik adalah produk sirup Marjan.

Menghadirkan beragam cerita bersambung setiap tahunnya, tak ayal iklan Sirup Marjan yang disajikan sepanjang ibadah puasa menjadi momen yang secara tak sadar ditunggu dan mencuri banyak perhatian bagi sejumlah penonton televisi.

Pada tahun ini, Sirup Marjan kembali menghadirkan iklan edisi Ramahan. Dikemas dalam betuk teaser, iklan tersebut menampilkan sejumlah tayangan menggunakan teknologi CGI.

Tak sembarangan CGI seperti yang digunakan oleh sinetron legenda yang tayang di sebuah televisi swasta, CGI yang ditampilkan pada iklan sirup Marjan kali ini disebut memiliki kualitas CGI sekelas Holywood.

Sejumlah penonton bahkan menyamakan kualitas CGI yang ada pada iklan berdurasi 16 detik itu setara dengan teknologi visual yang digunakan oleh Black Panther.

Berangkat dari hal tersebut, lantas berapakah perkiraan biaya pembuatan iklan sirup Marjan tahun ini?

Sebagaimana diketahui sebelumnya, CGI atau Computer Generated Imagenery bukanlah sebuah teknologi yang murah. Adapun yang membuat biaya CGI menjadi mahal adalah banyaknya pekerja visual yang dilibatkan dalam pembuatan efek visual dari sebuah tayangan.

Untuk membuat efek visual yang memukau, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Artinya, semakin kompleks efek visual yang dilakukan, maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan sehingga menyebabkan biaya yang digunakan semakin besar.

Kembali ke perihal iklan sirup Marjan, banyak yang membandingkan bahwa kualitas CGI-nya hampir setara dengan film besutan Disney. Sebagai pembanding, kita ambil biaya pembuatan film Pirates of The Carribean:At Worlds End yang tayang pada 2007 lalu.

Mengutip Forbes, film tersebut menggunakan kisaran 150 hingga 250 efek visual. Adapun 1 efek visualnya berdurasi kiran 5 detik. Per satu efek visual, biaya yang dibutuhkan adalah kisaran US$70.000 atau Rp1,07 miliar (asumsi kurs Rp15.300 per dolar AS) hingga US$100ribu (Rp1,53 miliar).

Pada teaser, iklan sirup marjan berdurasi sekitar 16 detik. Jika merujuk pada perhitungan kasar di atas, untuk teaser, pengeluaran yang dilakukan sirup Marjan bisa mencapai kisaran Rp3 miliar hingga Rp4,5 miliar.

Jika meruntut pada iklan sebelumnya, versi penuh dari iklan siup marjan rata-rata kisaran 2,5 menit atau kisaran 150 detik.

Jika keseluruhan iklan tersebut menggunakan CGI, maka diperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk proses produksi adalah kisaran US$2,1 juta -US$3 juta atau kisaran Rp32,3 miliar-Rp46,1 miliar.

Mengutip data dari produk monitorik iklan televisi PT PT Sigi Kaca Pariwara, pada Era sebelum pandemi, Marjan memang mengeluarkan biaya gila-gilaan selama menjelang momen Ramadan. Belanja iklan makin dilancarkan menjelang waktu mendekati lebaran.  

Pada 2017, belanja iklan Marjan menempati posisi kedua di kategori makanan dan minuman. Sebulan sebelum Ramadhan, Marjan menggelontorkan dana Rp149,51 miliar. Setelah memasuki Ramadan, belanja iklan Marjan semakin besar. Jumlahnya meningkat 42,08% menjadi Rp212,42 miliar pada momen tersebut.