Vermont
Dunia

Mengungkap Pesona Keunikan Vermont, Asal-Usul Hingga Sumber Dayanya

  • Sekitar 78% dari tanah Vermont adalah hutan, yang memberikan pendapatan negara bagian sekitar US$1,5 miliar setiap tahun.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Para arkeolog meneliti orang-orang telah tinggal di wilayah yang sekarang disebut Vermont selama sekitar 13.000 tahun. Suku asli Amerika termasuk Abenaki, Mohican, Pennacook, Pocomtuc, dan Massachusetts, telah tinggal di wilayah tersebut, dan anggota suku Abenaki masih tinggal di Vermont hingga saat ini.

Pada tahun 1609, penjelajah Prancis, Samuel de Champlain, mengklaim sebagian wilayah tersebut untuk Prancis. Kemudian, pada tahun 1724, Inggris membangun permukiman Eropa permanen pertama dan mengklaim wilayah tersebut untuk diri mereka sendiri.

Perang pecah pada tahun 1754 antara kedua kekuatan Eropa tersebut selama sembilan tahun, hingga akhirnya Britania muncul sebagai pemenang.

The Green Mountains (kids.nationalgeographic.com/DENISTANGNEYJR, ISTOCKPHOTO)

Dilansir dari National Geograpich Kids, Rabu 23 Agustus 2023, Raja George III dari Britania Raya menggabungkan wilayah tersebut menjadi bagian dari New York, tetapi pada tahun 1777, setahun setelah Deklarasi Kemerdekaan ditandatangani, Vermont menyatakan kemerdekaannya sendiri dari New York.

Meskipun Vermont pada awalnya berjuang demi penyebab Amerika dalam Perang Revolusi, Negara Bagian Green Mountain tetap terpisah dari Amerika Serikat selama 14 tahun, maknanya memiliki mata uang, layanan pos, konstitusi, dan Presiden sendiri, hingga menjadi negara bagian ke-14 pada tahun 1791.

Selama Perang Saudara (1861-1865), Vermont akan berperang di pihak Union/Persatuan.

Dinamai Vermont

Nama Vermont berasal dari dua kata, dalam bahasa Prancis vert, yang berarti “hijau,” dan mont, yang artnyai “gunung.”

Julukan itu menghormati Green Mountain Boys, pasukan yang pertama kali dibentuk untuk melindungi tanah Vermont dari New York, dan yang kemudian dibentuk kembali untuk bertugas di Revolusi Amerika, Perang Saudara, dan Perang Spanyol-Amerika.

Geografi dan Bentang Alam

Vermont merupakan salah satu dari enam negara bagian New England (negara bagian yang pemukim Eropa pertamanya adalah kaum Puritan dari Inggris). Berbatasan dengan Kanada di utara, New Hampshire di timur, Massachusetts di selatan, dan New York di barat. Sebagian besar negara bagian ditutupi oleh pegunungan dan hutan.

Di pusat negara bagian ini, pegunungan yang paling terkenal adalah Pegunungan Hijau. Terbentuk lebih dari 400 juta tahun yang lalu, bebatuan tersebut dianggap sebagai salah satu yang tertua di dunia. Kisaran ini termasuk titik tertinggi negara bagian, Gunung Mansfield.

Di bagian timur laut negara bagian ini terdapat Pegunungan Tinggi Timur yang kasar dan terkenal dengan puncak granit yang dipisahkan oleh aliran sungai. Membentang dari utara ke selatan di bagian timur negara bagian ini, adalah Vermont Piedmont yang merupakan wilayah geografis terbesar. Wilayah berbukit ini mencakup Lembah Sungai Connecticut yang subur. Banyak danau tersebar di Piedmont di bagian utara.

Pegunungan Taconic menjulang di barat daya Vermont, dengan puncak tinggi, sungai, dan danau. Lembah Vermont merupakan daerah sempit di bagian barat negara bagian, antara Taconic dan Pegunungan Hijau. Daerah ini dikenal dengan sungai dan lembahnya.

Lembah Champlain, juga disebut Dataran Rendah Vermont, berada di tepi Danau Champlain. Di musim panas, angin sepoi-sepoi yang bertiup dari danau membuat udara di daerah pertanian yang subur menjadi lebih sejuk. Di musim dingin, danau menyerap panas dan menghangatkan wilayah tersebut.

Flora dan Fauna Liar

Beruang hitam, rusa kutub, rusa berekor putih, rubah merah, ikan bertubuh ramping (fisher), dan martens termasuk di antara mamalia Vermont. Burung hantu berpalang, osprey, elang peregrine, belibis ruffed, robin Amerika, dan burung biru timur adalah beberapa penghuni bersayap Vermont.

Reptil Vermont termasuk kura-kura belimbing, kadal biasa berjajar lima, dan ular perut merah, sedangkan salamander Jefferson, katak Amerika, dan ikan lumpur (sejenis salamander) adalah beberapa amfibi yang melompat dan meluncur di seluruh negara bagian.

Bleeding Heart Flowers (kids.nationalgeographic.com/ODILON DIMIER, GETTY IMAGES)

Sirup maple terkenal dari Vermont dibuat dari getah pohon maple gula, pohon negara bagian tersebut. Pohon-pohon umum lainnya meliputi betula kuning, cemara, cemara, dan pohon cedar. Negara Bagian Pegunungan Hijau ini juga dikenal karena bunga liarannya, termasuk hati berdarah liar, bulbous buttercup, pink fairies, dan violet putih yang harum.

Sumber Daya Alam

Sekitar 78% dari tanah Vermont adalah hutan, yang memberikan pendapatan negara bagian sekitar US$1,5 miliar setiap tahun. Vermont adalah produsen sirup maple terbesar di Amerika Serikat, menghasilkan hampir dua juta galon per tahun. Vermont juga dikenal karena menambang granit, marmer, dan batu tulis—batuan resmi negara bagian.