Home

Menhub Resmikan Peluncuran Jaketbus, Aplikasi Pemesanan Tiket Online

  • Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan pembelian tiket perjalanan bus Antarkota Antarprovinsi atau AKAP secara daring hanya dengan menggunakan ponsel pintar.

Home
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan peluncuran sistem tiket online melalui aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis 31 Desember 2020.

Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan pembelian tiket perjalanan bus Antarkota Antarprovinsi atau AKAP secara daring hanya dengan menggunakan ponsel pintar. Transaksi pembayaran, menurut Budi Karya, dapat dilakukan melalui aplikasi dompet digital, transfer bank, ataupun minimarket.

Adapun peluncuran sistem tiket online ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Perhubungan dengan Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Hari ini saya bahagia sekali, karena apa? naik bis dari pulo gebang sudah bisa menggunakan e-ticketing. Jadi membayar tidak perlu di terminal, kita bisa melakukan pemesanan dari rumah. Tujuannya mau kemana sudah ditentukan, bisnya apa, dan dimana naiknya. Ini lompatan yang luar biasa,” ujar Menhub.

Pilot Project

Aplikasi Jaketbus ini, menurut dia, merupakan pilot project yang dilaksanakan pada Terminal Terpadu Pulo Gebang. Hal ini sejalan dengan Instruksi Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2017 tentang Sistem Penjualan Tiket Angkutan Penumpang Umum Antar Kota secara Elektronik.

Budi juga memberikan amanat kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat untuk menerapkan sistem ini di seluruh kota di Indonesia.

“Karena dengan ini, konsolidasi terkait dengan pembayaran menjadi lebih efisien. Angkutan massal diminati dan risiko penularan COVID-19 juga bisa dikurangi karena tidak ada kontak langsung,” tambahnya.

Selain itu, dirinya berharap sistem e-ticket itu dapat tersambung dengan sistem lainnya yang telah dibuat oleh pemerintah. Dia menyontohkan Jaklingko yang telah dikembangkan terlebih dahulu oleh Pemprov DKI.

“Saya mengharapkan bahwa sistem ini tidak sendiri. Sistem ini harus di link-kan dengan sistem-sistem yang lain. Oleh karenanya, kita memang harus melakukan suatu sinergi dan sinergi ini pasti akan memberikan kepuasan pelanggan,” tutupnya.