20230529_093452.jpg
Destinasi & Kuliner

Menikmati Dinginnya Air dari Sumbernya Langsung di Umbul Kapilaler Klaten

  • Umbul Kapilaler merupakan salah satu umbul yang dikelola sebagai salah satu destinasi wisata air di Kabupaten Klaten.
Destinasi & Kuliner
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Julukan Kota Seribu Umbul memang pantas disematkan pada Kabupaten Klaten. Hal ini di kawasan itu terdapat berbagai sumber air. Umbul, sebutan untuk sumber air alami tersebut, tersebar di berbagai tempat di Kabupaten Klaten. 

Banyak dari umbul tersebut yang dikelola untuk dijadikan destinasi wisata karena memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, umbul-umbul tersebut menawarkan sensasi wisata yang berbeda. 

Umbul Kapilaler merupakan salah satu umbul yang dikelola sebagai salah satu destinasi wisata air di Kabupaten Klaten. Destinasi wisata air ini menarik bagi siapa saja yang ingin rekreasi sembari bermain air. 

Di samping itu Umbul Kapilaler juga cocok untuk sekadar tempat bersantai sembari menikmati kilauan air yang begitu jernih dan dingin. Maklum saja, kawasan umbul ini belum tercemar oleh limbah ataupun polutan yang mengotori air di dalamnya. 

Tempat umbul berada ini cukup rindang karena dinaungi oleh pohon besar yang dedaunannya seperti kanopi besar. Pantas saja jika udara di sini juga cukup sejuk dan air yang berada di bawahnya juga dingin.

Seperti kebanyakan umbul pada kebanyakan, Umbul Kapilaler memiliki air yang sangat jernih bahkan bisa melihat dasar kolam tanpa harus menyelam. Jernihnya air dapat dimanfaatkan untuk berfoto di bawah air dengan jelas. 

Bagian dasar dari umbul ini terdapat batuan-batuan alami yang menghiasi. Terdapat pula ikan-ikan yang mendiami umbul ini menambah daya tarik bagi wisatawan. Rentang kedalaman umbul ini berkisar antara 1 meter hingga 1,5 meter sehingga dapat digunakan untuk berenang ataupun sekedar bermain air. 

Namun demikian pengunjung harus tetap waspada dan berhati-hati jika tidak dapat berenang. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, terdapat kolam tersendiri yang kedalamannya tidak sampai 1 meter. Kolam ini aman digunakan untuk bermain air bagi siapapun. 

Sumber air dari umbul ini tidak pernah kering dan berkurang meskipun sedang musim kemarau menjadikan wisata ini cocok dikunjungi kapan saja. Adapun fasilitas yang ada di wisata ini cukup lengkap. Terdapat tempat duduk, toilet yang bersih, serta warung makan yang menyediakan aneka kudapan tentunya.

Pengunjung yang hendak menikmati segarnya air di umbul ini akan dikenai tiket seharga R10.000. Cukup murah dan ramah kantong bagi wisatawan. Ketika masuk biasanya pengunjung juga diberikan dua botol air mineral yang segar. 

Selain tiketnya yang murah, harga makanan yang dijual di kawasan ini juga masih terjangkau yaitu kisaran Rp5.000 hingga Rp15.000.