Susu Shi Jack.
Destinasi & Kuliner

Menikmati Segelas Susu Hangat Shi Jack yang Kondang hingga Luar Kota Solo

  • Berkunjung ke Kota Solo kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati segelas susu hangat sembari melihat suasana malam.

Destinasi & Kuliner

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Berkunjung ke Kota Solo kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati segelas susu hangat sembari melihat suasana malam. Salah satu tempat untuk menikmati sajian tersebut yakni kedai susu Shi Jack. Shi Jack sudah melegenda dan dikenal luas seantero masyarakat Solo hingga wisatawan. Banyak orang luar kota bahkan sengaja datang ke Solo untuk menikmati racikan susu Shi Jak.

Sebelum kedai susu segar tumbuh subur di Kota Bengawan,  Shi Jack sudah menjadi pioneer berdirinya kedai susu di kota itu. Masa itu jauh sebelum banyak berdiri kedai maupun café yang menjajakan makanan dan minuman yang serupa. Tidak heran jika kemudian warung ini tampil sebagai legenda minuman susu di Kota Bengawan.

Menu utama yang disajikan di warung susu ini yakni olahan susu murni serta berbagai macam susu yang diberikan aneka rasa. Selain menu utama tersebut, terdapat hidangan pelangkap yang dapat dinikmati bersama segelas susu hangat. Hidangan tersebut meliputi aneka roti bakar, pisang owol, ragam sundukan, serta jajanan ringan lainnya.

Selain daya tarik rasa, ada hal lain yang membuat Shi Jak semakin asyik dikunjungi. Para pekerjanya tak jarang membuat atraksi mengolah susu untuk dihidangkan pada pelanggan.  Mereka membuat atraksi layaknya seorang bartender yang sedang bertugas membuat minuman.

Hal unik lainnya yang dapat dilihat yaitu tampilan nama minuman dan makanannya. Terdapat berbagai macam akronim yang menarik dalam penamaan menunya. Sebut saja yaitu Suramadu (Susu Rasa Manis Madu), Colomadu (Coklat, Telur, Susu Madu), Superman (Susu Perah Manis), dan berbagai nama unik lainnya.

Adapun harga yang dibanderol untuk menu minuman dan makanan di kedai susu ini tergolong terjangkau. Kisaran harganya antara Rp5.000, hingga Rp15.000 saja. Cukup murah di kantong untuk sekadar ingin menikmati hangat dan segarnya segelas susu sembari melihat suasana malam di Kota Bengawan.

Kedai susu Shi Jack sangat mudah dijumpai karena banyak membuka cabang di Kota Solo. Letaknya juga cukup strategis karena mayoritas warungnya berada di pinggir jalan besar maupun tempat-tempat strategis di Kota Solo. Beberapa di antaranya di sebelah timur Benteng Vastenburg, Sentra Kuliner Kota Barat dan di pinggir sejumlah jalan protokol. Kedai ini biasanya buka sejak sore hari hingga tutup pada malam hari.