WhatsApp Image 2023-09-26 at 09.18.02.jpeg
Nasional

Menilik Harta Khofifah, Gubernur Jatim yang Punya 35 Bidang Tanah

  • Khofifah Indar Parawansa tengah ramai diperbincangkan usai disebut menjadi salah satu kandidat Ketua Tim Sukses Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Khofifah Indar Parawansa tengah ramai diperbincangkan usai disebut menjadi salah satu kandidat Ketua Tim Sukses Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto. Dirinya dipertimbangkan menjadi bagian dari tim sebab dinilai sebagai figur yang tangguh dan pantang menyerah. 

Gubernur Jawa Timur (Jatim) itu juga masih dikaitkan untuk menjadi calon wakil presiden Prabowo maupun Ganjar Pranowo. Pengaruhnya di Jatim membuat para kandidat capres menyeriusi namanya. Jika benar-benar terlibat dalam kontestasi Pemilu 2024, sejauh mana kekuatan logistik Khofifah Indar Parawansa?

Khofifah memiliki total aset kekayaan mencapai Rp25.098.168.317 berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK yang dilaporkannya pada 31 Desember 2022 lalu. Harta tersebut berupa aset tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

Khofifah banyak menyimpan asetnya dalam bentuk tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp17.932.872.000. Aset tersebut terdiri dari 35 petak tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai wilayah. Dalam LHKPN diketahui Khofifah memiliki banyak aset tanah dan bangunan di Pulau Sulawesi.

Terdapat sepuluh bidang tanah yang berada di Kota Makassar. Menyusul kemudian masing-masing sebanyak lima bidang tanah berada di Kota Palu dan Kabupaten Gowa. Khofifah juga memiliki tiga bidang tanah yang berada di Donggala. 

Di Takalar, Khofifah tercatat juga memiliki tiga bidang tanah. Kemudian dirinya juga memiliki sebidang tanah yang berada di Kabupaten Sigi. Tidak hanya di Pulau Sulawesi yang mendominasi, Khofifah memiliki koleksi tanah di Pulau Jawa. 

Tercatat ia memiliki tiga bidang tanah dan bangunan di Jakarta Selatan. Kemudian juga tiga bidang berada di Kota Surabaya dan merupakan hasil dari warisan. Selanjutnya Khofifah juga memiliki sebidang lagi yang berada di Sidoarjo. Terakhir ia memiliki sebidang tanah atau bangunan yang berada di Kabupaten Purwakarta.

Dalam hal isi garasi, Khofifah memiliki koleksi dua unit kendaraan roda empat dan satu unit sepeda motor. Rinciannya yaitu sebuah Mobil Toyota Kijang Innova Minibus tahun 2006 senilai Rp135.000.000. Kemudian satu unit Mobil Toyota Alphard tahun 2018 Rp700.000.000 yang merupakan warisan serta satu unit sepeda motor Honda Matic tahun 2022 senilai Rp37.700.000.

Khofifah juga menyimpan kekayaannya dalam bentuk harta bergerak lainnya senilai Rp602.000.000 serta kas dan setara kas senilai Rp5.690.596.317. Ia tercatat tidak memiliki harta dalam bentuk surat berharga maupun harta kekayaan lainnya. Gubernur Jatim tersebut juga tercatat tidak memiliki utang dalam laporan LHKPNnya tersebut.

Profil Singkat

Khofifah merupakan Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 yang terpilih bersama wakilnya Emil Dardak. Sebelum menduduki jabatan gubernur, Khofifah telah terlebih dahulu ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengemban tugas sebagai menteri sosial pada tahun 2014-2018. 

Khofifah juga pernah menduduki kursi legislatif di senayan selama beberapa kali. Dirinya sempat menjadi Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Gus Dur. Perempuan kelahiran Surabaya, 19 Mei 1965 ini pernah menempuh pendidikannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Untuk gelar master, Khofifah memperolehnya dari Universitas Indonesia.