Suzuki XL 7
Industri

Menilik Keberhasilan Suzuki Genjot Penjualan Mobil 2023

  • Penjualan positif pada bulan Juni 2023 mencerminkan keberhasilan Suzuki, dengan XL7 memimpin penjualan mobil penumpang dengan 15% dari total penjualan Suzuki di semua ritel Indonesia.

Industri

Muhammad Imam Hatami

 JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menjadi salah satu perusahaan otomotif yang meluncurkan inovasi dan produk baru sesuai dengan keinginan pasar. 

Penjualan positif pada bulan Juni 2023 mencerminkan keberhasilan Suzuki, dengan XL7 memimpin penjualan mobil penumpang dengan 15% dari total penjualan Suzuki di semua ritel Indonesia.

All New Ertiga juga berhasil menyumbangkan 10% dari total penjualan. Sementara itu, New Carry tetap menjadi mobil komersial paling laris  dengan 55% dari total penjualan Suzuki.

Kendaraan penumpang dengan kategori rendah emisi, menjadi pilihan utama masyarakat karena multifungsi dan ramah lingkungan. Suzuki telah memperkenalkan SUV 7 penumpang dengan teknologi hybrid terbaru yang disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) dan fitur-fitur terkini. 

Tujuannya adalah menyediakan kendaraan ramah lingkungan yang tangguh, efisien dalam penggunaan bahan bakar, dan terjangkau. Setelah peluncuran varian hybrid, penjualan XL7 secara keseluruhan meningkat sebesar 36% dibandingkan dengan bulan Mei 2023, dan naik 24% dibandingkan dengan Juni 2022. 

Catatan penjualan yang positif ini menjadi bukti bahwa masyarakat yang sudah beralih dan tertarik terhadap mobil ramah lingkungan yang berdampak positif bagi keberlangsungan lingkungan," Ujar Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS, dilansir dari Suzuki.co.id Selasa, 18 Juli 2023

Varian New XL7 Hybrid tipe Alpha dengan transmisi otomatis (AT) menjadi produk yang paling diminati, menyumbang 74% dari total penjualan XL7 baru.

All New Ertiga tetap menjadi pilihan populer untuk keluarga di Indonesia. Penjualan ritel All New Ertiga meningkat sebesar 12% dibandingkan dengan periode Januari hingga Juni 2022. 

Varian All New Ertiga Hybrid tipe GX dengan transmisi otomatis (AT) menjadi pilihan teratas, diikuti oleh varian All New Ertiga tipe GL dan All New Ertiga Hybrid Suzuki Sport.

Selain XL7, All New Ertiga, dan New Carry, penjualan mobil Suziki impor juga memberikan kontribusi yang positif. Pada bulan Juni 2023, mobil impor menyumbang 16% dari total penjualan ritel Suzuki. Hal ini menunjukkan bahwa Suzuki berhasil mempertahankan dan meningkatkan penjualan di segmen ini.

Peningkatan penjualan ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia semakin tertarik dengan mobil ramah lingkungan.PT SIS terus melakukan upaya edukasi untuk menginformasikan keunggulan fitur-fitur kendaraan hybrid Suzuki dan menawarkan harga terjangkau, sehingga memudahkan masyarakat dalam memiliki mobil yang berdampak baik bagi lingkungan.