Industri

Menilik Langkah Ace Hardware Terapkan ESG dalam Aspek Sosial

  • Karyawan pria juga memperoleh cuti kelahiran anak dari istri sah selama dua hari kerja
Industri
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA- PT Ace Hardware Indonesia Tbk mengimplementasikan environmental, social and governance (ESG) di dalam pengelolaan pusat perlengkapan rumah dan gaya hidup terlengkap di Indonesia yang tersebar di 55 kota di Indonesia.

Dengan slogan “The helpful place”,  Ace Hardware Indonesia berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan hidup pelanggan dan masyarakat dari segala aspek melalui produk yang adaptif dan inovatif serta berbagai program yang memberikan dampak positif untuk sekitar. 

Ace Hardware dalam aspek sosial, menjalankan berbagai program yang berkesinambungan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan karyawan dan masyarakat yang terlibat dalam bisnis. Berikut ulasan strategi yang dilakukan Ace Hardware berdasarkan Laporan Keberlanjutan 2022 yang dikeluarkan perusahaan.

Menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan

Semenjak wabah Covid-19 melanda, Ace Hardware melakukan sejumlah inisiatif yang bertujuan agar terjaganya kesehatan serta keselamatan karyawan perusahaan. Ace Hardware memberikan fasilitas vaksinasi untuk seluruh karyawan di kantor pusat dan gerainya. Perusahaan ini juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat di gerai, kantor pusat dan Distribution Center (DC).Selain itu, perusahaan juga menyediakan obat dan vitamin bagi karyawan yang bekerja di zona merah.

Tindakan preventif lainnya yang dilakukan Ace Hardware untuk menjaga kesehatan karyawan agar tidak terkena Covid-19 salah satunya menawarkan kesempatan kepada karyawan untuk bekerja dari rumah, dengan dukungan Departemen TI yang mengakomodasi perangkat lunak dan perangkat keras yang dibutuhkan.

Bagi karyawan yang terpapar Covid-19, Ace Hardware juga memfasilitasi karyawan untuk dirawat di rumah sakit serta menyediakan ambulans untuk suspek Covid-19. 

Ace Hardware juga memperdulikan kesehatan psikologis karyawan selama Covid-19. Hal itu terlihat dengan menyediakan layanan konsultasi psikologis bagi karyawan yang membutuhkan.

Kesetaraan kesempatan kerja

Ace Hardware memiliki komitmen untuk melaksanakan proses rekrutmen yang transparan, adil dan setara bagi seluruh individu, sesuai prosedur dan peraturan yang telah ditentukan perusahaan. “Perseroan memprioritaskan asas kesetaraan dengan tidak memandang perbedaan golongan, ras, suku, agama, gender dan kelas sosial dalam melakukan rekrutmen,” tulis Ace Hardware dalam laporannya.

Dalam promosi karyawan, Ace Hardware menilai kinerja karyawan berdasarkan persyaratan jabatan, pendidikan atau kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan, dengan tidak memandang gender, agama dan suku. Dengan begitu, seluruh karyawan mempunyai kesempatan serta peluang yang sama untuk mendapatkan promosi. 

“Kebijakan ini membuahkan hasil yaitu tidak adanya laporan mengenai insiden diskriminasi yang terjadi serta tidak adanya kerugian akibat tuntutan hukum akibat diskriminasi di tahun 2022,” ungkap Ace Hardware dalam laporannya.

Memberikan kesempatan dan dukungan untuk karyawan wanita

Kebijakan ini tercerminkan dengan adanya dua Direktur wanita dari enam Anggota Direksi, atau 33,33% dari keseluruhan. Pada akhir 2022, karyawan wanita secara keseluruhan memiliki persentase sebanyak 39% dari seluruh karyawan yang ada, serta terdapat 552 karyawan wanita baru dari total 1.398 karyawan baru yang bergabung dengan perusahaan.

Bagi karyawan wanita, Ace Hardware memberikan hak cuti melahirkan sesuai dengan UU No. 13 Tahun 2013 Pasal 82 tentang Ketenagakerjaan. Cuti tersebut tidak mengurangi cuti tahunan karyawan wanita. Karyawan pria juga memperoleh cuti kelahiran anak dari istri sah selama dua hari kerja. Bagi karyawan wanita yang bekerja di kantor pusat, perusahaan juga menyediakan ruang laktasi di sana.

Komitmen dalam bidang ketenagakerjaan

Ace Hardware memiliki komitmen untuk taat dengan peraturan ketenagakerjaan dengan tidak mempekerjakan anak dan tenaga kerja paksa. Seluruh karyawan direkrut dengan proses yang adil dan wajar sesuai peraturan yang berlaku. Perusahaan menerapkan usia minimal karyawan yang bisa diterima bekerja adalah 17 tahun.

Dalam hal pemberian upah, Ace Hardware memberikan gaji pada karyawan di atas UMP dengan acuan untuk menyesuaikan gaji karyawan ialah kenaikan UMP.Pada 2022, seluruh karyawan menerima imbalan di atas UMR. Ace Hardware menjunjung kesetaraan gender tidak membedakan gaji karyawan dengan dasar gender untuk level dan posisi yang sama.

Kebijakan ini memberikan efek yaitu Pada akhir 2022, tingkat perputaran (turnover) karyawan adalah sebesar 15,42%.

Dampak operasi bagi masyarakat sekitar

Kehadiran Ace Hardware dalam suatu wilayah diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar daerah operasi. Oleh karena itu, Ace Hardware memiliki sejumlah kebijakan untuk mewujudkan hal tersebut. Kebijakan tersebut adalah mengutamakan putra daerah sebagai karyawan gerai baru terutama di kota yang baru serta memilih karyawan berprestasi di daerah untuk dibina dalam program Management Trainees, untuk selanjutnya bisa memimpin di daerah tempat asal mereka.

Kinerja ESG Ace Hardware dalam masyarakat juga bisa dibilang tidak bermasalah. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya aduan dari masyarakat terkait hal tersebut. “Selama periode pelaporan Laporan Keberlanjutan, tidak terdapat pengaduan dari masyarakat terkait isu sosial dan kemasyarakatan,” kutip tim Tren Asia dari Laporan Keberlanjutan 2022 oleh Ace Hardware Indonesia.