<p>Dirut PLN Zulkifli Zaini dan Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin / Dok. Kementerian BUMN</p>
Nasional & Dunia

Menkes Terawan Dicopot Diganti Budi Gunadi Sadikin, Bankir Mandiri Alumnus Fisika Nuklir ITB

  • Bankir Budi Gunadi Sadikin sebagai pentolan baru yang akan memimpin Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menggantikan Terawan Agus Putranto.

Nasional & Dunia
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo sore ini, Selasa, 22 Desember 2020 resmi merombak alias me-reshuffle jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah nama baru diumumkan sebagai pengganti menteri yang disingkirkan.

Kali ini, muncul nama bankir Budi Gunadi Sadikin sebagai pentolan baru yang akan memimpin Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menggantikan Terawan Agus Putranto.

Budi merupakan mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2013. Ia bergabung di bank pelat merah ini sejak 2006. Sebelumnya, jabatan dia adalah Direktur Mikro dan Retail Banking.

Riwayatnya di industri perbankan sendiri telah dimulai sejak 1994 di Bank Bali. Saat itu, jabatan yang pernah ia duduki, meliputi General Manager Electronic Banking, Chief General Manager, dan Chief General Human Resources hingga 1999.

Setelah itu, ia berpindah ke ABN Amro Bank Indonesia dengan menduduki posisi Direktur Consumer Banking hingga 2004. Pria yang bergelar sarjana di Bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga pernah menjabat sebagai Executive Vice President Consumer di Bank Danamon. Adapun di industri keuangan lainnya, pengalaman dia yakni menjadi Direktur Adira Quantum Multi Finance.

Namun, pada awalnya karier Budi sebenarnya sejalan dengan latar pendidikan yang ditempuh. Di IBM Asia Pasifik, Tokyo, Jepang, ia bekerja sebagai Staf Teknologi Informasi, berlanjut di posisi Systems Integration & Professional Services Manager hingga 1994.

Pria yang lahir di Bogor pada 8 Juli 1964 ini pun bisa dibilang berlangganan menduduki kursi kepemimpinan di perusahaan milik negara. Mutakhir, Budi adalah Wakil Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju yang dilantik pada 25 Oktober tahun lalu. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN Rini Soemarno, dan pada 2017 jabatannya bergeser menjadi Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) alias Inalum.

Peristiwa hari ini akan menjadi momentum baru bagi perjalanan karier Budi. Menggantikan Terawan, ia akan menjadi orang pertama yang melanjutkan kebijakan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.