Industri

Menkeu Siapkan Banyak Skenario, Salah Satunya Pertumbuhan 0%

  • JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut skenario terburuk di tengah wabah virus corona adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia berpotensi turun hingga 0%. Skenario ini merupakan satu dari sekian skenario yang dihitung oleh pemerintah. “Jika kondisi lebih buruk tersebut terjadi, maka skenarionya bisa menjadi lebih dalam, pertumbuhan ekonomi bisa hanya 2,5 persen atau bahkan sampai […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut skenario terburuk di tengah wabah virus corona adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia berpotensi turun hingga 0%.

Skenario ini merupakan satu dari sekian skenario yang dihitung oleh pemerintah.

“Jika kondisi lebih buruk tersebut terjadi, maka skenarionya bisa menjadi lebih dalam, pertumbuhan ekonomi bisa hanya 2,5 persen atau bahkan sampai ke nol persen,” sebut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia dalam konfensi pers usai rapat terbatas melalui teleconference, Jumat 20 Maret 2020.

Skenario ini berasal dari berbagai indikator seperti konsumsi, perdagangan internasional, harga minyak Indonesia (ICP), serta lamanya wabah virus corona berlangsung.

Selain itu, Sri Mulyani juga menghitung tingkat penghunian kamar hotel, jumlah penumpang penerbangan, pembatasan mobilitas (lockdown), serta pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pengurangan jam kerja.

“Dengan melihat skenario-skenario tersebut, tentu kami melihat pertumbuhan ekonomi dari yang paling moderat, yaitu pertumbuhan ekonomi masih di atas 4%.”

Ia faktor jebloknya pertumbuhan ekonomi terpengaruh oleh opsi lockdown. Kondisi yang lebih berat juga terlihat dari perdagangan internasional yang turun hingga 30% dan jumlah penumpang penerbangan yang turun antara 75 – 100%.

“Saat ini kami belum bisa menyampaikan persisnya, karena penanganan virus corona akan sangat menentukan,”

Terakhir, ia juga masih optimis dengan penemuan vaksin antivirus. Karena dapat memperpendek durasi wabah.