Sandiaga dalam The Weekly Briefing with Sandi Uno pada Senin, 20 November 2023 di Jakarta.
Nasional

Menparekraf Bidik Target 11 Juta Kunjungan Wisman Hingga Akhir Tahun

  • Menurut para pakar, industri pariwisata dan ekonomi kreatif menunjukkan tren positif.
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno sampaikan rasa optimistisnya pada akhir tahun 2023 jumlah wisatawan mancanegara (wisman) mampu melampaui angka 11 juta kunjungan wisata.

"Terlihat tren yang sangat kuat dan kita berdoa akhir tahun akan tembus kunjungan wisata 11 juta wisman," ujar Sandiaga dalam The Weekly Briefing with Sandi Uno pada Senin, 20 November 2023 di Jakarta.

Sandiaga menyatakan saat ini nilai ekspor produk ekonomi kreatif mencapai US$11,8 miliar atau sekitar Rp181,86 triliun ( kurs Rp15.412), sementara Sandiaga melaporkan nilai tambah ekonomi kreatif menunjukkan pertumbuhan signifikan menuju angka Rp1.300 triliun. Pertumbuhan nilai tambah ekonomi kreatif tersebut diungkapkan Sandiaga terutama terjadi di sektor transportasi pergudangan, jasa, penyediaan akomodasi, makanan, dan minuman.

Selain itu, hasil Expert Survey untuk outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2024 juga memberikan pandangan positif. Menurut para pakar, industri pariwisata dan ekonomi kreatif menunjukkan tren positif dan 36 persen dari mereka optimis bahwa pada tahun 2024 industri ini akan dapat melewati tingkat sebelum pandemi.

Sandiaga mencatat devisa dari produk ekonomi kreatif telah mencapai US$17,4 miliar (Rp268,16 triliun) untuk tahun 2023. Sandiaga melaporkan Amerika Serikat tetap menjadi tujuan ekspor terbesar terutama untuk produk unggulan seperti fesyen, kriya, dan kuliner. 

Untuk tahun 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan target devisa produk ekonomi kreatif sebesar US$27 miliar (Rp416,12 triliun).

"Strateginya dengan mempromosikan salah satunya dengan Indonesia Spice Up The World maupun dengan program-program untuk mendorong ekspor ekonomi kreatif," sebut Sandiaga.