Masjid Sheikh Zayed Solo.
Destinasi & Kuliner

Menparekraf Luncurkan Katalog Elektronik Wisata Masjid di Indonesia

  • Dari 16 provinsi tersebut, Jawa Tengah menjadi yang paling banyak direkomendasikan dengan 13 masjid.
Destinasi & Kuliner
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, resmi meluncurkan 'The Wonderful Mosque of Indonesia E-Catalogue' dalam acara pembukaan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Pangeran Beach Hotel, Kota Padang, Sumatera Barat, pada 8 September 2023.

Sandiaga sendiri menyebutkan latar belakang peluncuran katalog elektronik tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada wisatawan mengenai masjid-masjid yang menjadi destinasi wisata religi di Indonesia.

Katalog elektronik tersebut berisikan rekomendasi wisata masjid di 16 provinsi di Indonesia yakni Aceh, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan.

Dari 16 provinsi tersebut, Jawa Tengah menjadi yang paling banyak direkomendasikan dengan 13 masjid. Masjid tersebut direkomendasikan atas beberapa nilai yaitu nilai arsitektur, edu-religi, sejarah, tujuan ziarah, budaya, socialpreneur, fasilitas penunjang, dan struktur ramah lingkungan.

Berikut adalah 13 masjid di Jawa Tengah yang direkomendasikan versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

1. Masjid Astana Sultan Hadlirin (Kabupaten Jepara)

2. Masjid Agung Demak (Kabupaten Demak)

3. Masjid Agung Kauman Semarang (Kota Semarang)

4. Masjid Raya Baiturrahman Semarang (Kota Semarang)

5. Masjid Klenteng Krajan Dukung (Kota Salatiga)

6.Masjid Raya Sheikh Zayed (Kota Surakarta)

7. Masjid Saka Tunggal (Kabupaten Banyumas)

8. Masjid At-Taqwa Gumelem (Kabupaten Banjarnegara)

9. Masjid Kyai Sholeh Darat (Kota Semarang)

10. Masjid Layur (Kota Semarang)

11. Masjid Agung Jawa Tengah (Kota Semarang)

12. Masjid Al Wustho Mangkunegaran (Kota Surakarta)

13. Masjid Al Fatih Kepatihan (Kota Surakarta)

Sandiaga mengungkapkan dengan kehadiran e-katalog ini diharapkan dapat tercipta rute-rute destinasi wisata baru, yaitu jelajah nusantara mengunjungi masjid-masjid ikonik. 

"Kita harapkan ini bisa mendorong pergerakan 1,2 miliar wisatawan nusantara yang akan menambah peluang penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di 2024," ujar Sandiaga.

Katalog elektronik tersebut mencakup informasi masjid-masjid ikonik dengan total hingga 74 masjid dan dapat diakses melalui laman www.indonesia.travel.