<p>Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan kunjungan kerja di PT Mayora Indah Tbk, Tangerang, Banten / Kemenperin.go.id</p>
Nasional

Menperin Agus Gumiwang Optimistis Industri Pengolahan Bangkit 2021

  • Pada tahun depan industri pengolahan mampu tumbuh di kisaran 4,7% sampai 5,5%.

Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memerkirakan industri pengolahan dalam negeri anjlok hingga minus 2,4% pada akhir tahun ini. Hal tersebut tentu akibat adanya pandemi COVID-19 yang membuat industri menjadi lesu.

“Industri pengolahan diprediksi tertekan di kisaran minus 0,5 persen sampai minus 2,4 persen,” tambahnya.

Menurutnya, sejumlah penyesuaian yang dilakukan pada masa pandemi ini membawa tekanan yang sangat berat pada industri dalam negeri, termasuk industri pengolahan.

Melihat kondisi tersebut, ia mengimbau kepada pelaku industri Tanah Air untuk melakukan sejumlah upaya guna meningkatkan efisiensi produksi maupun keberlanjutan usaha.

Meskipun begitu, Agus mengaku optimistis kinerja industri pengolahan akan segera recovery. Bahkan, ia menyebut pada tahun depan industri pengolahan diproyeksi mampu tumbuh dalam rentang 4,7% sampai 5,5%.

“Kita juga telah menyiapkan beberapa langkah untuk mendorong pertumbuhan industri pengolahan dengan menetapkan target program substitusi impor 35 persen di tahun 2022,” imbuhnya.

Ia bilang, hal ini diharapkan dapat mendorong serta mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Sehingga saat pandemi berlalu nanti, industri pengolahan lokal akan lebih siap. (SKO)