<p>Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam telekonferensi  terkait PON 2020 Papua, Rabu, 15 April 2020/ Kemenpora.go.id</p>
Nasional

Menpora Resmi Tunda PON Papua Hingga Oktober 2021

  • Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua secara resmi ditunda hingga Oktober tahun 2021 mendatang. Sebelumnya, PON XX direncanakan digelar pada 20 Oktober 2020.

Nasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua secara resmi ditunda hingga Oktober tahun 2021 mendatang. Sebelumnya, PON XX direncanakan digelar pada 20 Oktober 2020.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam rapat terbatas menyampaikan, keputusan diambil setelah meninjau kondisi terakhir persiapan pelaksanaan PON.

“Terutama tentang kondisi venue, pekerjaan-pekerjaan lain yang sudah selesai dan belum selesai, penginapan, pengadaan peralatan, kesiapan kontingen, hingga kesiapan panitia besar penyelenggara PON,” kata dia di Jakarta, Kamis, 23 April 2020.

Menpora menambahkan, bulan Oktober dipilih sebab telah diagendakan beberapa kegiatan olahraga sepanjang tahun 2021.

“Kita mulai bulan April 2021 sudah ada kegiatan, kemudian Mei-Juni kita tahu itu ada Piala Dunia, kemudian Juli ada Asean School Games, Olimpiade dan Paralimpik Tokyo, yang tadinya juga 2020 ini, tapi ditunda menjadi Juli dan Agustus 2021, ada juga Islamic Solidarity Games, ada Haornas, ada World Beach Games (tentative), Popnas dan Peparnas,” kata dia memaparkan.

Menurut Menpora, usulan ini telah disepakai Presiden Joko Widodo. Sebelum menyetujui pelaksanaan PON XX pada Oktober mendatang, presiden Joko Widodo mempertimbangkan pagelaran pada bulan November, yakni SEA Games pada November 2021, ASEAN Youth Games, MotoGP Mandalika, dan ASEAN Para Games 2021. (SKO)