<p>Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam telekonferensi  terkait PON 2020 Papua, Rabu, 15 April 2020/ Kemenpora.go.id</p>
Nasional & Dunia

Menpora Usul PON 2020 Papua Ditunda Oktober 2021

  • Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengusulkan pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 di Papua untuk ditunda hingga Oktober tahun berikutnya.

Nasional & Dunia
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengusulkan pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020 di Papua untuk ditunda hingga Oktober tahun berikutnya.

Dalam telokonfrensi yang dilakukan Menpora terkait PON 2020, usulan datang dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan KONI Daerah. Selain usulan dari KONI tersebut, Menpora juga mempertimbangkan PON digelar pada bulan Maret 2021.

“Sebenarnya ada usulan juga dilakukan bulan Maret, tetapi kemudian ada pertimbangan bahwa bulan Maret itu anggaran di daerah belum semuanya keluar,” kata Zainudin di Jakarta, Rabu, 15 April 2020.

Disebutkan, beberapa pagelaran olahraga lain yang bakal digelar pada 2021, yakni Piala Dunia 2021 pada Mei-Juni, Olimpiade 2021 pada Agustus, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021 pada September, SEA Games di Vietnam pada November, dan Moto GP pada penghujung tahun.

“Tetapi bulan Oktober juga tergantung dari kondisi COVID-19 tersebut apakah udah selesai apa belum. Kalau memang belum, berarti kita juga belum bisa. Yang penting kita mempersiapkan itu semuanya dengan baik,” tambahnya.

Menpora juga meminta kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan olahraga untuk bersabar terlebih dahulu mengenai waktu penundaan PON 2020.

Kendati demikian, keputusan penundaan PON 2020 masih menunggu Presiden Joko Widodo. Jika Jokowi dalam rapat kabinet memutuskan akan menunda, maka Oktober 2021 menjadi pilihan paling tepat untuk jadwal PON.

Sebagai informasi, PON 2020 Papua yang merupakan edisi ke-20 dijadwalkan digelar pada 20 Oktober-2 November tahun ini. Pemprov Papua menganggarkan anggaran Rp2,3 triliun dari APBD untuk pesta olahraga ini. (SKO)