Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengecek kesiapan klinik Kimia Farma dalam pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster homolog vaksin Sinopharm di Bendungan Hilir dan Radio Dalam, Jakarta, pada Rabu, 23 Februari 2022.
Nasional

Menteri BUMN Pastikan Kimia Farma Siap Melayani Vaksinasi Booster Sinopharm

  • MenteriBUMN Erick Thohir memastikan bahwa anggota Holding BUMN Kesehatan PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF) siap melayani vaksinasi booster Sinopharm.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa anggota Holding BUMN Kesehatan PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF) siap melayani vaksinasi booster Sinopharm.

Hal itu disampaikannya ketika mengecek kesiapan klinik Kimia Farma dalam pelaksanaan vaksinasi dosis lanjutan atau booster homolog vaksin Sinopharm di Bendungan Hilir dan Radio Dalam, Jakarta, pada Rabu, 23 Februari 2022.

"Kesehatan menjadi salah satu kunci yang sangat penting sehingga perlu dilakukan konsolidasi dalamsuatu ekosistem kesehatan, khususnya di BUMN," ujar Erick.

Vaksin Sinopharm merupakan jenis vaksin yang menggunakan virus Corona yang dimatikan (inactivated virus). Vaksin ini bekerja dengan cara memicu sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus Corona.

Vaksin Sinopharm mulai dikembangkan pada awal tahun 2020 oleh China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) yang merupakan perusahaan farmasi milik pemerintah China. Vaksin COVID-19 buatan Sinopharm ini diberi nama BBIBP-Corv.

Dari hasil uji klinis tahap ketiga yang dijalankan oleh Sinopharm di China, vaksin BBIBP-Corv dikatakan memiliki nilai efikasi, yaitu efek perlindungan terhadap COVID-19, sebesar 79,34%. Jumlah ini sudah melampaui standar efikasi minimal WHO sebesar 50%.

Erick mmengatakan vaksin Sinopharm telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) atau persetujuan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebagai booster homolog untuk dewasa 18 tahun ke atas.

Erick pun ingin memastikan seluruh alur proses dan layanan vaksinasi booster vaksin Sinopharm yang akan dilayani Kimia Farma, mulai dari penyimpanan hingga proses penyuntikan vaksinasi booster Sinopharm.

Adapun suntikan pertama vaksin ini telah dilakukan terhadap karyawan Citibank Indonesia di klinik kesehatan Radio Dalam, Jakarta.

Selanjutnya, vaksinasi booster Sinopharm akan dilaksanakan untuk 1.500 karyawan Citibank Indonesia di 14 lokasi klinik Kimia Farma di seluruh Indonesia.

Erick menegaskan vaksin lanjutan atau booster Sinopharm ini bertujuan untuk membantu percepatan program vaksinasi yang telah dicanangkan pemerintah sebagai bagian dari penanggulangan COVID-19.

"Bagi badan hukum/badan usaha yang ingin mendaftarakan pegawainya dapat mendaftarkan melalui portal.vaksingotongroyong.id atau Whatsapp Biofarma di 0811 2060 888," tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga memberikan pengarahan kepada 350 klinik Kimia Farma di seluruh Indonesia melalui konferensi video yang dilaksanakan di klinik Kimia Farma Bendungan Hilir.

Dia didampingi oleh Direktur Transformasi dan Digital PT Bio Farma (Persero) dan Direktur Utama Kimia Farma.

Erick mengatakan dengan peluncuran 350 klinik, Kimia Farma siap melayani vaksinasi booster vaksin Sinopharm.

Namun dia meminta klinik Kimia Farma tidak sekadar melayani vaksinasi booster vaksin Sinopharm, melainkan juga dapat memberikan untuk pelayanan kesehatan lain, termasuk untuk layanan vaksinasi lain.  

"Transformasi BUMN ini diharapkan dapat menjadikan BUMN sebagai korporasi yang transparan dan profesional serta harus bisa memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat," ungkapnya.