Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif
Energi

Menteri ESDM Minta Pasokan Energi Disiagakan Sambut Nataru

  • Persiapan Nataru untuk stok bahan baku aman, pembangkit semua dalam kondisi normal dan margin capacity yang cukup sekitar kurang lebih 30% dan cuaca juga cukup baik
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan kesiapan pasokan energi, khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik, menjelang libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Dalam kunjungannya, Menteri ESDM melihat kesiapan Refinery Unit (RU) IV Pertamina di Cilacap. Ini merupakan salah satu kilang minyak terbesar di Indonesia berkapasitas produksi 348.000 barel per hari dan memasok 34% kebutuhan BBM Nasional dan 60% kebutuhan BBM di Jawa.

"Memang ada lonjakan, tapi bisa diatasi. Pergerakan logistik juga diintensifkan agar tidak ada masalah dalam suplai," ungkap Arifin dilansir Jumat, 22 Desember 2023.

Berdasarkan data dari Pertamina, stok BBM dan LPG di Jawa Bagian Tengah (JBT) status tanggal 21 Desember 2023 dalam kondisi aman dan berjalan lancar. Stok tersebut terdiri dari Pertalite sebanyak 10 hari, Pertamax sebanyak 27 hari, Pertamax Turbo sebanyak 6 hari, Solar sebanyak 10 hari, dan Dex sebanyak 10 hari.

Tak kalah penting, Arifin juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan energi secara bijak dan hemat selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Tak hanya memantau Nataru di SPBU, Arifin juga mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Karangandri yang dikelola oleh PLN. PLTU Karangkandri merupakan salah satu pembangkit listrik terbesar di Indonesia yang memiliki kapasitas terpasang 2.260 MW.

"Persiapan Nataru untuk stok bahan baku aman, pembangkit semua dalam kondisi normal dan margin capacity yang cukup sekitar kurang lebih 30% dan cuaca juga cukup baik," tutupnya