Menteri ESDM Arifin Tasrif pada Jumat, 2 Februari 2024
Energi

Menteri ESDM Soroti Naiknya PBBKB di Tengah Harga BBM yang Stagnan

  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif merespons upaya PT Pertamina (Persero) yang memutuskan tak menaikkan harg per 1 Februari 2024 untuk bahan bakarr minyak (BBM).
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  Arifin Tasrif merespons upaya PT Pertamina (Persero) yang memutuskan tak menaikkan harga per 1 Februari 2024 untuk bahan bakar minyak (BBM).

Menurutnya hal ini bagus pasalnya tren harga minyak dunia yang turun dari sempat US$82 per barel sekarang di kisaran US$78 per barel bahkan di bawah itu. Arifin mengatakan, kementeriannya dan Pertamina sepakat menjaga kestabilan harga disituasi saat ini.

"Bagus tahan, gitu. Sekarang kami memang ingin stabil dulu. ini juga lagi masa-masanya dan sepakat dalam masa-masa ini kita jaga," katanya saat ditemui di Kementerian ESDM pada Jumat, 2 Februari 2024.

Terkait kenaikan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) khususnya di DKI Jakarta dari sebelumnya 5 persen menjadi 10 persen sebagai Menteri ESDM, Arifin tetap menyerahkan kewenangan perpajakan kepada Kementerian Keuangan dan Pemda terkait dalam implementasinya.

Diketahui sebelumnya anak buah Arifin, Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas) Tutuka Ariadji mengatakan telah mengirimkan surat ke Pemerintah dan Kementerian terkait untuk menunda implementasi PBBKB naik. Namun Arifin menolak berkomentar pasalnya hal ini dianggap bukan kewenangannya.

Selain itu kenaikan PBBKB khusus DKI Jakarta nyatanya tak berpengaruh ke harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Diketahui PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk harga jual BBM non subsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU) pada Februari 2024 tidak berubah.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, hal ini berdasarkan evaluasi harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS)/Argus serta nilai tukar mata uang Rupiah pada periode tanggal 25 Desember 2023 hingga tanggal 24 Januari 2024.

Berikut harga terbaru BBM Pertamina per 1 Februari 2024 di DKI Jakarta :  

Solar Rp6.800 per liter
Pertalite: Rp10.000 per liter
Pertamax: Rp12.950 per liter
Pertamax Turbo: Rp14.400 per liter
Dexlite: Rp14.550 per liter
Pertamina Dex: Rp15.100 per liter
Pertamax Green 95: Rp13.900 per liter