Menteri ESDM Arifin Tasrif di Kementerian ESDM
Nasional

Menteri ESDM Tegaskan Program Subsidi Tepat Bukanlah Pembatasan

  • Program Subsidi Tepat untuk produk Solar Subsidi telah dijalankan menggunakan Full QR di 234 Kota atau Kabupaten diseluruh Indonesia. Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan hal tersebut bukanlah pembatasan pembelian.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Program Subsidi Tepat untuk produk Solar Subsidi telah dijalankan menggunakan Full QR di 234 Kota atau Kabupaten diseluruh Indonesia. Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan hal tersebut bukanlah pembatasan pembelian.

Arifin menyebut, hal ini untuk menjadikan distribusi BBM jenis solar tersebut tepat sasaran. Sehingga yang berhak mendapat BBM sesuai dan menghindari kecurangan di lapangan.

"Itu bukan pembatasan, tetapi untuk bisa tepat sasaran. Jangan sampai yang enggak punya hak dapat malah kelebihan," katanya kepada awak media di Kementerian ESDM pada Jumat, 26 Mei 2023.

Menurut Arifin meski revisi Peraturan Presiden No. 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan masih ditangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian belum juga keluar namun pembelian menggunakan QR Code tetap bisa berjalan.

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga mulai memberlakukan Program Subsidi Tepat untuk produk Solar Subsidi kini dilanjutkan dengan mekanisme Full QR di 234 Kota atau Kabupaten diseluruh Indonesia.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan per tanggal 25 Mei 2023, Full QR akan diberlakukan secara bertahap dimulai di 234 Kota atau Kabupaten. Dibagi menjadi 8 regional mulai dari Sumatera bagian Utara, Sumatera bagian Selatan, DKI dan Jawa Barat.

Disusul JawaTengah, Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan Papua hingga Maluku. Wilayah-wilayah ini kata Irto, sepanjang periode 2 minggu kebelakang sudah menerapkan mekanisme Full Registrant dan performa transaksi penggunaan QR-nya sudah cukup baik dan siap menerapkan Full QR.