Bahlil Lahadalia
Nasional

Menteri Investasi Bahlil Pede Investasi 2022 Tembus Target Rp1.200 Triliun

  • Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia pede realisasi investasi Rp1200 triliun atau sepanjang 2022 akan melebihi target yang ditetapkan pemerintah.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis realisasi investasi sepanjang 2022 akan melebihi target yang ditetapkan pemerintah.

Sebelumnya target realisasi investasi sepanjang 2022 sebesar Rp1.200 triliun. Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi sepanjang Januari – September 2022 telah mencapai Rp892,4 triliun.

"Yang jelas Insyaallah target investasi di 2022 akan mencapai target bahkan akan kemungkinan besar lebih. Tapi angkanya dan breakdown-nya akan dijelaskan nanti pada saat rilis resmi Kementerian Investasi," katanya dalam konferensi pers virtual Sekretariat Presiden, Rabu, 11 Januari 2023.

Adapun untuk 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan investasi mencapai Rp1.400 triliun. Dia mengatakan, untuk mencapai target tersebut perlu perbaikan sejumlah regulasi.

Namun Presiden meminta sebelum hal itu direalisasikan, perlu ada beberapa regulasi yang disempurnakan baik dari penyempurnaan pemerintah, penyempurnaan OSS RBA dan daftar prioritas investasi ke depan.

Selain itu, hambatan atau kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang dan amdal atau persetujuan lingkungan. Di mana pemerintah akan meningkatkan anggaran agar Kementerian ATR maupun LHK bisa memfasilitasi secara lebih baik.

"Ini yang kami akan lakukan dalam kurun waktu 3-4 bulan ini agar kemudian proses pengurusan izin lokasinya bisa segera kita lakukan, termasuk amdal. Kami sudah berkoordinasi sama Pak Menko Marinves, maupun di bawah pimpinan Pak Menko Perekonomian dalam rangka melakukan percepatan hal-hal ini," tandasnya