Para menteri keuangan anggota G7 sepakat untuk menyiapkan bantuan tambahan bagi Ukraina.
Dunia

Menteri Keuangan G7 Sepakat Siapkan Bantuan untuk Ukraina

  • Para menteri keuangan anggota G7 mengaku telah sepakat untuk menyiapkan bantuan dana bagi Ukraina untuk tahun 2022 dan seterusnya.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

WASHINGTON – Para menteri keuangan anggota G7  sepakat untuk menyiapkan bantuan dana bagi Ukraina untuk tahun 2022 dan seterusnya. 

Dalam sebuah pernyataan terbaru, para menteri keuangan telah menyiapkan bantuan tambahan sebesar US$24 miliar atau setara Rp344,3 triliun (asumsi kurs Rp14.347,25 per dolar AS), seperti dikutip TrenAsia.com dari Reuters pada Kamis, 21 April 2022

Para menteri juga menyayangkan kehadiran Rusia dalam forum-forum internasional, contohnya Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia yang diadakan mulai 18-24 April. 

“Organisasi internasional dan forum multilateral seharusnya tidak lagi melakukan kegiatan apapun dengan Rusia seperti tidak ada apa-apa,” bunyi pernyataan para menteri.

Sektor ekonomi Ukraina memang harus menghadapi pukulan keras akibat invasi oleh Rusia selama beberapa bulan terakhir. Bahkan Bank Dunia memproyeksikan ekonomi Ukraina akan menyusut hingga 45% tahun ini. 

Menurut pejabat Ukraina, saat ini negaranya harus bertahan dengan defisit bulanan mencapai US$5 miliar, seperti dikutip dari The Hill

Para menteri keuangan juga menyampaikan dukungan penuh dan solidaritas terhadap penduduk dan pemerintah Ukraina yang sedang berjuang.

Sampai hari Selasa, 19 April 2022, Kantor HAM PBB menyatakan bahwa invasi di Ukraina telah melukai sekitar 4.966 korban sipil, dengan 2.104 di antaranya tewas.

Namun, pihak PBB menambahkan bahwa angka itu bisa jadi lebih tinggi mengingat informasi dari beberapa lokasi yang tertunda dan banyak laporan yang masih menunggu konfirmasi.