Budi Karya Sumadi
Nasional

Menteri Perhubungan: LRT Akan Tersambung Sampai ke Manggarai

  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyetujui usulan yang disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait LRT tersambung ke Stasiun Manggarai.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyetujui usulan yang disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait LRT tersambung ke Stasiun Manggarai.

"Stasiun Manggarai memang diproyeksikan sebagai stasiun sentral perkeretaapian di Jakarta yang memenuhi kebutuhan transportasi umum berbasis rel jarak dekat atau jauh," kata Budi Karya dalam keterangan pers lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 2 November 2022.

Lebih lanjut, Budi menjabarkan bahwa Heru Budi mengusulkan jika penyambungan LRT dari Stasiun Velodrom di Rawamangun ke Stasiun Manggarai, menambah rute lama yang menuju Stasiun Halim.

Usulan tersebut disampaikan dalam rapat internal yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo terkait pengembangan LRT DKI dan LRT Palembang.

"Tadi sudah diusulkan pak Gubernur ke Manggarai, saya setuju sekali. Kenapa? Manggarai menjadi central station, kereta api jarak jauh dan dekat semua di Manggarai termasuk kereta bandara," imbuhnya.

Lebih lanjut, jika nanti ada lalu lintas tambahan dari Velodrom menuju Manggarai, menurut Budi, hal itu akan berimbas pada kenaikan jumlah penumpang yang akan ke luar kota atau ke bandara.

"Sebaliknya mereka dari bandara ke Manggarai bisa forwarding dengan head way yang relatif singkat," tambah Budi.

Budi melanjutkan, penyambungan rute Velodrom - Manggarai untuk LRT akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum pembangunan fase ketiga yang meliputi Stasiun Dukuh Atas.

Sebagai informasi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beberapa waktu lalu menyampaikan belum bisa memastikan kelanjutan proyek LRT Jakarta Fase 2A karena mempertimbangkan prioritas anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Heru akan membahas proyek tersebut dalam pembahasan terpisah, termasuk dengan adanya opsi pembiayaan proyek yang menghubungkan Stasiun Pegangsaan Dua di Kelapa Gading hingga Jakarta International Stadium (JIS) itu.

Adapun proyek LRT Fase 2A akan melintasi enam stasiun yakni Britama, Artha Gading, Sunter Timur, Gelanggang Remaja, Sunter Barat dan berakhir di JIS sepanjang 8,2 kilometer. Namun, anggaran pembangunan LRT Fase 2A tidak tercantum dalam rancangan APBD (RAPBD) DKI 2023.

"Nanti, kita lihat apakah itu bisa dilanjutkan atau tidak. Kan bisa juga dilanjutkan oleh gubernur periode berikutnya," kata Heru.