PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) menandatangani kerja sama dengan Swiss-Belhotel International untuk pengelolaan Xpress Hotel di rest area Tol Cipali.
Properti

Menteri Sandi Apresiasi Puri Sentul Permai (KDTN) Usai Bangun Hotel di Rest Area Cipali

  • PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) resmi meluncurkan hotel Swiss-Belexpress ketiga dan keempatnya di Rest Area KM 166 dan KM 164 tol Cipali–Majalengka.

Properti

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Emiten akomodasi industri perhotelan PT Puri Sentul Permai Tbk (KDTN) resmi meluncurkan hotel Swiss-Belexpress ketiga dan keempatnya di Rest Area KM 166 dan KM 164 tol Cipali–Majalengka.

Peresmian hotel baru KDTN itu berlangsung pada Kamis, 14 Desember 2023 yang dihadiri  Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno serta Wakil Bupati Kabupaten Majalengka.

Sandi, yang akrab disapa, menyatakan tekad untuk terus mendukung pembangunan hotel di rest area. Menurutnya, hal ini bukan hanya tren tetapi juga menjadi kebutuhan yang harus didukung sepenuhnya.

"Kalau ada kebutuhannya akan ada supply-nya tinggal di tingkatkan pengusahanya. Ada dari pengelola rest area yang bisa berkolaborasi," ujar Sandi dalam keterangan resmi yang dipublikasikan pada Jumat, 15 Desember 2023. 

Menurut Sandi, proses perizinan sangat mudah dan terintegrasi, bahkan dalam hitungan hari izin tersebut keluar melalui One Stop Service (OSS) di Kementerian Investasi. Sebab, hotel di tengah rest area sangat dibutuhkan untuk keselamatan para pengendara.  

“Hotel di tengah rest Area ini fungsinya memang untuk memastikan agar aspek keselamatan jadi lebih utama agar pengendara tidak lelah dalam mengemudikan kendaraannya sehingga bisa mengurangi potensi kecelakaan,” ujar Sandiaga.

Oleh karena itu, Sandi menekankan pentingnya sinergi, adaptabilitas, ketangguhan, dan keunggulan dari semua pihak untuk menghadapi perkembangan dan tantangan yang terus berkembang.

Hadirnya hotel ini, kata Sandi, juga untuk mendukung kepentingan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas untuk kebangkitan ekonomi masyarakat, serta sebagai pendukung destinasi di Majalengka. 

Hasil Dana IPO

Sementara itu, Direktur Puri Sentul Permai Aan Rohanah menjelaskan Swiss-Belexpress Hotel ini diharapkan mampu melengkapi fasilitas istirahat yang ada di rest area untuk para pengguna jalan tol. 

Ia menyebut pembangunan hotel ini adalah buah dana segar initial public offering (IPO) di bursa beberapa waktu lalu. "Pembukaan hotel ini merupakan implementasi dari semua dana yang terkumpul saat go public untuk pengembangan bisnis di rest area," jelas Aan Rohanah. 

Asal tahu saja, Puri Sentul Permai Tbk secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 9 November 2022 lalu. Dari aksi korporasi ini, KDTN berhasil mengumpulkan dana segar sebesar Rp 37,50 miliar. 

Aan Rohanah merincikan sebanyak 86,56% dari dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan lima outlet hotel di rest area. Sisanya akan digunakan untuk mendukung biaya operasional dan pemasaran dari kelima hotel baru tersebut.

Swiss-Belexpress Rest Area KM 166 dan KM 164 Cipali yang siap beroperasi saat liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) diharapkan bakal menjadi fasilitas istirahat yang nyaman bagi para pelancong selama libur akhir tahun.

Keunggulan hotel ini mencakup layanan check-in mandiri dan kamar tidur dengan standar hotel bintang 3. Dengan fasilitas ini, hotel rest area ini dapat memenuhi segala kebutuhan tamu. Selain itu, hotel ini menawarkan fasilitas welcome coffee and tea serta Private Parking sebagai manfaat tambahan bagi para tamu yang ingin beristirahat.