bendungan.jpeg
Infrastruktur

Menuju Finalisasi, Inilah Manfaat Bendungan Mbay NTT

  • Proyek ini diharapkan akan memiliki dampak besar terhadap produksi beras di Kabupaten Nagekeo, dengan proyeksi peningkatan hingga 2,5 kali lipat setelah pembangunan selesai.

Infrastruktur

Muhammad Imam Hatami

NAGEKEO - Brantas Abipraya sedang memfinalisasi proyek Bendungan Mbay Paket II yang dijadwalkan selesai pada tahun 2024. 

Perusahaan ini dipercaya untuk melakukan berbagai pekerjaan konstruksi, termasuk Bangunan Pengelak, Bangunan Pelimpah, Bangunan Pengambilan, serta pekerjaan Hidromekanikal & Elektrikal pada proyek tersebut.

Bendungan Mbay yang berada di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur  (NTT) memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung program nasional Indonesia terkait ketahanan air dan pangan. Proyek ini diharapkan akan memiliki dampak besar terhadap produksi beras di Kabupaten Nagekeo, dengan proyeksi peningkatan hingga 2,5 kali lipat setelah pembangunan selesai.

Dengan kemampuan menampung air hingga 51 juta meter kubik dan kemampuan irigasi mencakup sekitar 4.200 hektare lahan, serta rencana pengembangan tambahan hingga 1.900 hektare, Bendungan Mbay diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi pertanian dan ketahanan air di wilayah tersebut.

Bendungan Mbay Paket II merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang memiliki potensi besar dalam menyediakan sumber air sebanyak 0,21 meter kubik per detik dan memberikan manfaat irigasi untuk 5.928 hektare lahan pertanian.

“Pembangunan bendungan menjadi sangat penting, inipun merupakan bukti Brantas Abipraya selalu hadir untuk Indonesia dalam mempersiapkan infrastruktur SDA (Sumber Daya Air) guna mendukung Pemerintah dalam mengatasi tantangan perubahan iklim global " ujar Direktur Operasi I Brantas Abipraya, Muhammad Toha Fauzi, dilansir kabarbumn.com, Selasa, 12 Desember 2023.

Bendungan Mbay Paket II diharapkan dapat menjadi motor peningkatan produksi beras, serta menjadi pondasi utama untuk ketahanan air, baik bagi penduduk lokal maupun tingkat nasional. 

Seiring dengan selesainya proyek ini kedepan, diharapkan akan muncul peningkatan produktivitas pertanian, serta memperkokoh adaptasi terhadap perubahan iklim dan memberikan manfaat jangka panjang bagi ekonomi lokal. Sehingga Bendungan Mbay Paket II akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.