Ilustrasi Institut Pertanian Bogor (IPB).
Sains

Menurut Rektor IPB, Lagu Mampu Ciptakan Sejarah dan Berikan Legacy

  • Karya seni, termasuk lagu, adalah salah satu cara yang kuat untuk berkontribusi terhadap masa depan dan meninggalkan jejak historis di dunia ini.
Sains
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

BOGOR - Prof. Arif Satria, Rektor IPB University (Institut Pertanian Bogor), mengangkat isu penting tentang pentingnya menciptakan legacy dan sejarah baru melalui seni musik, khususnya lagu. 

Hal itu dia ungkapkan  dalam acara Motivational Concert IPB University ‘12 Tahun Berkarya Arif Satria’ yang digelar di Kampus IPB Dramaga, Bogor.  Arif menegaskan  karya seni, termasuk lagu, adalah salah satu cara yang kuat untuk berkontribusi terhadap masa depan dan meninggalkan jejak historis di dunia ini.

Arif menuturkan bahwa lagu adalah ekspresi yang sangat kuat dari seni dan budaya. Ia percaya bahwa lagu-lagu yang diciptakan oleh seniman memiliki kemampuan untuk menyentuh hati dan jiwa orang-orang, serta menginspirasi perubahan yang positif dalam masyarakat. Lagu-lagu tersebut, dengan lirik-liriknya yang bermakna, dapat menjadi pengingat bahwa hidup harus memiliki arti yang mendalam.

“Memberi arti dan makna dalam hidup yang berarti dapat menjadikan kita menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain. Ini adalah prinsip dan sebuah anugerah dalam hidup yang harus kita syukuri dengan memberikan langkah yang terbaik,” ujar Arif, dilansir ipb.ac.id, Senin, 18 September 2023.

Arif juga menekankan pentingnya hidup yang bermakna dan bermanfaat. Menurutnya, setiap individu harus memiliki tujuan dan makna dalam hidup mereka. Mereka harus memiliki tekad untuk meninggalkan legacy (warisan) dan sejarah baru dengan menciptakan dimensi kebermanfaatan yang lebih luas bagi masyarakat dan dunia.

Inti dari hidup yang berarti adalah kemampuan untuk terus menebar manfaat kepada orang lain. Hal ini bukan hanya tentang kesuksesan pribadi atau materi, tetapi juga tentang kontribusi positif yang kita berikan kepada masyarakat, alam, dan dunia ini. Arif percaya bahwa seni, seperti lagu, adalah salah satu cara yang kuat untuk mencapai hal tersebut. 

Konser-konser dan karya musik yang ditampilkan menjadi sarana penting untuk menginspirasi orang untuk berpikir lebih dalam tentang arti hidup mereka. Melalui lirik-lirik lagu yang bermakna dalam, kita dapat diingatkan untuk mencari makna yang lebih dalam dalam tentang kehidupan kita dan selalu berusaha meninggalkan jejak yang baik selama hidup di dunia ini.

Arif menambahkan bahwa kita semua memiliki potensi untuk menciptakan legacy dan sejarah baru melalui apa yang kita hasilkan, termasuk karya seni seperti lagu. Hal demikian merupakan panggilan untuk kita agar menjadikan hidup lebih bermakna dan berarti dengan terus menebar manfaat dan menciptakan jejak positif dalam perjalanan hidup.