Nasional

Menyambut HUT RI, Lalamove Dukung UMKM Lebarkan Bisnis Pengiriman Instan di Indonesia

  • 80% mitra Lalamove adalah UMKM. Lalamove membantu UMKM dengan memberikan solusi yang inovatif pada pengiriman instan.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Perusahaan logistik on demand Lalamove mencatatkan lebih dari 80% dari mitra bisnis mereka didominasi oleh UMKM.

Adapun dari sektor industri, mitra bisnis Lalamove didominasi 3 sektor yaitu Food & Beverages sebesar 44%, Retail & Wholesale 39% dan healthcare 4%.

Managing Director Lalamove Indonesia Andi M Rizki mengatakan besarnya mitra dari segmen UMKM lantaran Lalamove sudah melalukan banyak inovasi selama setahun kebelakang.

Dalam mendukung UMKM,  Lalamove memberikan layanan lengkap mulai dari sisi first mile, middle mile maupun last mile.

“Bulan ini menjadi momentum untuk pegiat bisnis khususnya UMKM dalam mengembangkan bisnisnya bersama Lalamove,” ujar Andi M Rizki dalam keterangan tertulis, dikutip Senin,15 Agustus 2022.

Ditambahkan, UMKM perlu didukung karena telah menyumbang kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia.

Ini dibuktikan dari data Kementerian BKPM yang menyebutkan 61,97% dari total PDB nasional disumbangkan UMKM pada tahun 2020.

Menurut Andi, tanggal 12 Agustus lalu menjadi momentum Hari UMKM nasional, yang dibalut dengan momen dimana sebentar lagi Indonesia akan berulang tahun yang ke-77 pada 17 Agustus mendatang.

"Kami menegaskan komitmen menjadi One Stop Instant Delivery Solutions bagi UMKM dengan melakukan berbagai macam update fitur, seperti pengiriman antarkota secara instan, dan integrasi API secara gratis," tambah Andi.

Lalamove Indonesia mengajak seluruh UMKM di Tanah Air untuk dapat merdeka dalam melakukan aktivitas usaha tanpa adanya potongan biaya, baik platform fee maupun biaya tambahan lainnya. 

Kedepannya, Lalamove akan ekspansi wilayah layanan hingga ke 14 kota di Pulau Jawa. Tujuannya agar seluruh UMKM di Pulau Jawa bisa mengakses kemudahan layanan pengiriman dengan Lalamove.